Pariwisata

Balasa, Program untuk Menggeliat Pariwisata dan Ekraf Riau

Gubernur Riau Drs H Syamsuar M.Si dan Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, memberikan bantuan secara simbolis di Anjung Seni Idrus Tintin, Bandar Serai, Purna MTQ, Jumat (28/08/2020).(F.ANews)

Pekanbaru (ANews) -  Kementrian Pariwisata dan Ekraf RI memberi dukungan untuk pekerja Perekraf yang terdampak Covid-19 di Provinsi Riau. Bantuan ini secara simbolis berlangsung di Anjung Seni Idrus Tintin (Asit), Bandar Serai, Purna MTQ, Jumat (28/08/2020).

Kapolda Riau Inspektur Jenderal Polisi Agung Setya Imam Efendi dalam sambutannya mengatakan, banyak yang terdampak Covid-19 ini, bahkan semua lini. Dan bantuan dari Kementerian Pariwisata dan Ekraf ini akan disalurkan Polda Riau secara langsung dor to dor ke masing-masing mereka pekerja Parekraf.

Sementara itu, Gubernur Riau Drs H Syamsuar M.Si, dalam elu-eluannya mengatakan, bahwa bantuan ini untuk menggeliat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia,  pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan ekonomi kreatif Republik Indonesia bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Riau dan Polda Riau meluncurkan program pemulihan pasca covid-19, salah satunya program Balasa (Bahan Pokok Lauk Siap Saji), yang merupakan gerakan sosial inisiatif yang ditujukan bagi pekerja serta pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak covid-19.

Pemerintah Provinsi Riau, kata Syamsuar, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang telah menunjuk Provinsi Riau sebagai salah satu provinsi penerima program Balasa, dan memilih produk lokal beras istimewa Bungaraya dan mie sagu Meranti sebagai salah satu isi paket Balasa.

Staf Khusus Bidang Keamanan Kemenparekraf RI Inspektur Jenderal Polisi Adi Deriyan Jayamarta menyebutkan, baru beberapa hari dia berada di Riau dia sudah merasa seperti orang Riau.

"Hal ini karena budaya Riau yang luar biasa, perbedaan menjadi kekuatan bukan menjadi ancaman bagi Riau. Berbagai suku di negeri ini bersatu dalam berbagai kegiatan. Ini menjadi perhatian bagi Kemenkraf untuk membuat sebuah program dalam mempromosikan destinasi wisata Riau yang luar biasa ini,'' ucap Adi.

Adapun bantuan Balasa untuk Provinsi Riau sebanyak 6.243 orang dengan rincian, Pekanbaru 4.039 orang, Kuansing 96 orang, Indragiri Hilir 56 Orang, Kampar 455 orang, Indragiri Hulu 100 orang, Rokan Hulu 120 orang, Meranti 42 orang, Pelalawan 48 Orang, Dumai 21 orang Bengkalis 1.184 orang Rokan Hilir 29 orang, dan Siak 53 orang.TAN



[Ikuti AmanahNews.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar