Pendidikan

Kegiatan PKKMB Jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau Diadakan Berbeda Tahun Ini

Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiwa Baru Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Riau, Kota Pekanbaru (18/09/2020)

Pekanbaru (ANews) - Kegiatan tahunan mahasiswa baru yang biasanya dilaksanakan secara tatap muka kali ini dilakukan dengan cara yang berbeda demi terlaksananya tujuan dari kegiatan tersebut yaitu untuk mengenalkan mahasiswa dengan lingkungan kampus.

 Jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau mengadakan kegiatan PKKMB dalam jaringan melalui zoom meeting. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at (18/09/20). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD) menegaskan bahwa kegiatan PKKMB tidak boleh dilakukan secara tatap muka tetapi hanya boleh dilakukan dalam jaringan (daring) ditengah wabah pandemi virus corona ini

PKKMB merupakan sebuah rancangan kegiatan di mana mahasiswa di perkenalkan dengan lingkungan kampus dimana terdapat perbedaan transisi yg sangat jauh dari siswa menjadi mahasiswa.

Mengetahui pentingnya acara ini untuk dilaksanakan demi merayakan dengan meriah kehadiran mahasiswa baru Jurusan Biologi FMIPA Universitas Riau, panitia pelaksana telah menyiapkan rancangan kegiatan dengan semenarik mungkin agar nantinya dapat dikenang oleh mahasiswa baru dan mereka dapat mengetahui bagaimana lingkungan kampus, terutama dijurusan biologi ini.

“Rancangan kegiatan PKKMB yang berbeda tahun ini diisi dengan berbagai penampilan vidio yang menarik untuk mahasiswa baru yang tentunya akan membuat mereka mengenal bagaimana jurusan biologi FMIPA Universitas Riau. Walaupun harus dilakukan secara online, kami berharap kegiatan ini juga dapat dikenang dengan indah oleh mahasiswa baru” ujar Riski Alfikri sebagai Ketua Pelaksana kegiatan tersebut.

Riski yang juga sebagai komandan tingkat angkatan 2019 jurusan biologi Universitas Riau berharap agar kegiatan tersebut berjalan lancar sesuai dengan apa yang sudah dirancang dan juga dapat bermanfaat bagi mahasiswa baru serta menjadikan kegiatan tersebut sebagai alternatif mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan ditengah wabah pandemi virus corona ini.

“Mahasiswa baru yg baru masuk kuliah di perkenalkan dengan ke adaan kampus, fakultas, dan jurusannya sendiri, pada acara mahasiswa baru juga di ajarkan bagaimana cara bertindak bersikap dan berperilaku sebagaimana mahasiswa, jadi kegiatan PKKMB bukan hanya sekedar pengenalan lingkungan kampus namun juga memberikan pembelajaran yang lebih dari pada itu mengenai cara bertindak layaknya seorang mahasiswa” ujar Yozi Mandra sebagai senior. 

Pada PKKMB Jurusan Biologi FMIPA UNRI kali ini diharapkan mahasiswa baru dapat memahami bagaimana kondisi jurusan dan siapa saja orang yg akan di jumpainya semasa kuliah nanti, dimana jurusan ini lebih mengedepankan prinsip bahwasanya semua mahasiswa biologi adalah keluarga dan saudara, baik sebagai adik atau sebagai kakak bagi senior, serta sebagai orangtua yaitu dosen. Diharapkan mahasiswa baru mampu bertindak dan bersikap lebih baik lagi dan mampu mengenal keadaan kampus, fakultas, terutama jurusannya sendiri. rls



Tulis Komentar