Daerah

Ini Bocoran 4 Pjs Bupati

Pekanbaru (ANews) - Beberapa nama disebut-sebut menjadi calon kuat menjadi Pejabat sementara (Pjs) di empat Kabupaten yang ikut dalam Pildaka 2020. Diantaranya, Pjs Bupati Kuantan Singingi, Roni Rahmat (Kadis Pariwisata), Pjs Rokan Hilir Rudyanto (Staf Ahli), Pjs Rokan Hulu Masrul Kasmi (Staf Ahli) dan Pjs Siak Indra Agus (Kadis ESDM).

Sementara itu, Gubernur Riau, Syamsuar, masih merahasiakan empat nama calon Penjabat Sementara (Pjs) yang akan menggantikan sementara empat Bupati dan Wakil Bupati yang maju pada Pemilihan Kepala Daerah 9 Desember 2020. Gubri mengatakan masih menunggu persetujuan dari Mendagri.

"SK-nya alun le alun," ujar Gubri dengan logat Melayunya.

Provinsi (Pemprov) Riau sampai saat ini belum menerima Surat Keputusan (SK) penetapan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati di 4 Kabupaten yang akan menggelar Pilkada 202020. 

Pjs ini akan menggantikan sementara kepala daerah yang mulai masuk masa cuti kampanye Pilkada tanggal 26 September 2020 mendatang.

Kepala Biro Tata Pemerintahan dan Administrasi, Sudarman, mengatakan, jika belum ada SK dari Mendagri, Gubernur Riau, tidak bisa melantik Pjs Bupati Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak dan Kuantan Singingi. 

"Belum ada SK-nya kita terima. Jadi belum ada jadwal pelantikan. Karena tidak ada dasarnya Gubernur untuk melantik Pjs, sebelum ada SK-nya. Intinya menunggu surat resmi dari Mendagri," kata Sudarman, Rabu (23/9/2020) seperti dikutip dari riaumandiri.com.

Dijelaskan Sudarman, jika KPU telah menetapkan 9 calon kepala daerah yang akan ikut Pilkada pada tanggal 23 September ini, maka mulai tanggal 26 September hingga 5 Desember, kepala daerah yang maju mengambil cuti kampanye. 

"Cutinya selama kampanya, mereka tidak masuk kantor dan tidak menggunakan fasilitas negara, mulai tanggal 26 September ini. Untuk anggota dewan mengundurkan diri mulai KPU menetapkan calon Pilkada," katanya.

Untuk diketahui, 4 kepala daerah yang maju pada Pilkada 9 Desember 2020, adalah, Bupati Rohul Sukiman, Bupati dan Wakil Bupati Rohil, Suyatno-Jamiluddin, Bupati Siak Alfedri, dan Bupati Kuansing serta Wakil, Mursini-Halim. 

Sedangkan anggota DPRD Riau yang mengundurkan diri, Zukri (PDIP) maju di Pilkada Pelalawan, Asri Auzar (Demokrat) maju di Pilkada Rohil, Husni Thamrin (Gerindra) maju di Pilkada Pelalawan, M Adil (PKB) maju di Pilkada Meranti, Indra Gunawan Eet (Golkar), maju di Pilkada Bengkalis, dan Komperensi (PAN) maju di Pilkada Kuansing. (RMH) 



Tulis Komentar