Daerah

Tol Pekanbaru-Padang Terkoneksi Tol Pekanbaru Dumai dan Jambi

Salah satu gerbang tol Pekanbaru-Dumai. (FT. hrz /ANews)

Pekanbaru (ANews) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Kota Pekanbaru Indra Pomi mengatakan kerberadaan jalan Tol Pekanbaru-Padang nantinya akan terkoneksi langsung dengan Tol Pekanbaru Dumai dan Pekanbaru-Jambi. Jika tol itu selesai dibangun pasti akan berdampak serius terhadap lancarnya arus angkutan barang, dan orang antar daerah.

"Karena itu pembangunan jalan tol ruas Pekanbaru-Padang ini diharapkan segera dikerjakan sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat di Sumatra Barat dan Riau, khususnya, di sektor pariwisata, pertanian, kuliner dan dapat memangkas waktu tempuh dari Padang menuju Pekanbaru, sehingga lebih singkat," kata Kepala Dinas PUPR Indra Pomi, dilansir dari Antara di Pekanbaru, Rabu (14/10).

Menurut Indra, tol Pekanbaru-Padang, Pekanbaru-Dumai, dan Pekanbaru-Jambi akan bertemu disimpang tiga atau disebut interchange tol, yang berada di Desa Tarai Bangun, Kabupaten Kampar. Sedangkan proyek jalan tol Pekanbaru-Padang ini merupakan penugasan dari Presiden Jokowi kepada PT Hutama Karya (Persero) sedangkan pembiayaan mega proyek ini dari Hutama Karya itu yang dibangun bersama perusahaannya.

Terkait pembiayaan pengerjaan fisik mega proyek itu, kata Indra Pomi menyebutkan, menjadi tanggungjawab PT Hutama Karya (Persero) sebab sejak tahun 2018 hingga 2019 proyek ini sudah pernah ditenderkan namun tidak satupun perusahaan yang berminat.

"Ketika pembiayaan menjadi tanggungan PT Hutama Karya (Persero), maka itu sudah termasuk anggaran untuk menutupi kerugiannya, nantinya perusahaan kontraktor itu akan membangun property juga di area jalan tol itu seperti "rest area" atau tempat peristirahatan pengnjung dan restoran atau rumah makan makan akan dikelola sendiri oleh HK,” katanya.

Berdasarkan rencana induk pembangunan jalan tol tersebut, pembangunan ruas jalan Tol Pekanbaru-Padang terdiri atas enam seksi yakni Seksi Satu Padang - Sicincin, Seksi dua Sicincin - Bukittingi, seksi tiga Bukittinggi - Payakumbuh, Seksi empat Payakumbuh - Pangkalan, seksi lima Pangkalan -Bangkinang, dan seksi enam Bangkinang - Pekanbaru.

Sedangkan pengerjaan fisik atau konstruksi tol Pekanbaru-Padang ini sudah dimulai sejak tahun 2018 dengan target operasional tol tersebut diperkirakan pada akhir tahun 2021. (ant/ZET)
 



[Ikuti AmanahNews.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar