Dunia

Joe Biden Resmi Disahkan Kongres Amerika Serikat Menang Pilpres AS

Presiden AS dan Wapres AS terpilih Joe Biden dan Kamala Harris. (Foto: Ist-Twitter @joebiden)

WASHINGTON DC (ANEWS) - Setelah sempat hampir dua bulan nyaris seperti tidak ada kepastian di tengah gelombang protes kubu Presiden Amerika Serikat petahana Donald Trump, Joe Biden akhirnya sah sebagai Presiden AS terpilih.

Dengan demikian, Joe Biden yang berpasangan dengan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Kamala Harris, dipastikan akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS untuk masa jabatan empat tahun ke depan pada 20 Januari 2021 mendatang.

Dari berbagai sumber yang didapat Amanah News, disebutkan, selain Harris menjadi wanita pertama yang menjadi wapres dalam sejarah AS, Biden juga akan mencatatkan sejarah. Ia akan menjadi presiden AS tertua saat dilantik dalam sejarah AS. Hal itu karena pada 20 November 2020, Biden akan berusia 78 tahun. Biden lahir pada tahun 1942, di masa Perang Dunia II.

Disahkan Kongres AS

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (7/1/2021), Kongres Amerika Serikat mengesahkan kemenangan  Presiden AS terpilih Joe Biden berdasarkan pemungutan suara Electoral College alias Dewan Elektoral. 

Pengesahan tersebut diputuskan pada Rabu (6/1/2021) malam waktu setempat sebagaimana dilansir dari CNN. Biden berhasil menggamit 306 electoral votes atau suara elektoral, melampaui 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk melenggang ke Gedung Putih. 

Sementara itu, calon presiden (capres) petahana dari Partai Republik Donald Trump hanya meraup 232 suara elektoral. Senat dan DPR AS menolak keberatan untuk membuang suara elektoral Georgia dan Pennsylvania untuk Biden. Partai Republik juga keberatan dengan suara elektoral Arizona, Nevada, dan Michigan, tetapi mosi itu gagal sebelum mencapai perdebatan.

Pengesahan kemenangan Biden dalam pilpres AS tersebut terjadi setelah perusuh pendukung Trump menyerbu Capitol Hill pada Rabu pagi waktu setempat. Sesi gabungan Kongres, yang biasanya merupakan langkah seremonial, dihentikan selama beberapa jam ketika perusuh mencapai Gedung Capitol. Proses hukum dilanjutkan sekitar pukul 20.00 waktu setempat dengan Wakil Presiden Mike Pence mengatur kembali sesi Senat AS. 

"Ayo kembali bekerja," kata Pence. Dengan demikian, dipastikan Biden bakal dilantik menjadi Presiden AS pada 20 Januari mendatang. Dia akan dilantik bersama Wakil Presiden AS terpilih Kamala Harris. (ZET)



Tulis Komentar