Daerah

Sudah Tiga Kali Kabel Instalasi LPJU Dicuri, Dishub Pekanbaru Lapor ke Polisi

Kabel instalasi LPJU Dishub Pekanbaru di jembatan Siak 1 dicuri. Pencurian diketahui Rabu (20/1/2021).

PEKANBARU (ANEWS) - Kabel instalasi lampu penerangan jalan umum (LPJU) milik Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru dicuri oleh orang tak dikenal (OTK). Hilangnya kabel instalasi yang berada diseputaran Jembatan Siak I diketahui pada Rabu (20/1/2021) kemarin. Pencurian yang terjadi sudah yang ketiga kali.

Kabel instalasi LPJU yang hilang digondol maling diantaranya kabel twisted sepanjang 200 meter yang tertanam didalam tanah.

Informasi ini dibenarkan Kepala Dishub Kota Pekanbaru, Yuliarso kepada media melalui Kepala Bidang Keselamatan Teknik Sarana dan Prasarana, Adi Lesmana didampingi Kasi Penerangan Jalan, M Anshar, Rabu (20/1/2021).

Disampaikan Adi Lesmana, hilangnya kabel diketahui saat lampu jalan dilokasi tersebut mati. Disaat petugas Dishub melakukan pengecekan, ternyata kabel sepanjang 200 meter yang tertanam didalam tanah sudah hilang.

"(Kabel yang dicuri) Di jembatan leighton Siak 1, disitu ada lampu jalan kita. Baru lima bulan lalu kabel dilokasi itu pernah hilang dan sudah kita perbaiki, kita ganti kabelnya. Malam tadi lampu itu tidak hidup, kita cek pagi tadi rupanya kabel sudah di curi orang. Ini sudah yang ketiga kalinya dicuri orang," ungkap Adi Lesmana.

Adi Lesmana menyampaikan, pihaknya akan melaporkan kasus pencurian kabel instalasi LPJU tersebut ke pihak kepolisian.

"Kita akan laporkan ke polisi. Kita siapkan dulu surat kuasanya hari ini, kita laporkan ke polisi Sektor Senapelan," ujar Adi Lesmana didampingi M Anshar.

Terkait hilangnya kabel yang terus berulang, Adi Lesmana berharap kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga aset yang merupakan bagian dari fasilitas umum.

"Kita mengimbau dan berharap pada masyarakat, untuk fasilitas umum ini jangan dirusak dan jangan dicuri, sama-sama kita menjaganya, ini milik kita bersama. Kalau diharapkan kepada Dinas Perhubungan sendiri untuk menjaga, tentu tidak akan terjaga, karena wilayah Kota Pekanbaru ini luas. Kemudian fasilitas kita pun kurang, armada untuk patroli dan segala macam. Harapan kita kepada masyarakat fasilitas umum ini milik kita bersama, maka marilah kita bersama-sama menjaganya. Lagipun untuk memperbaiki kabel ini juga sulit," ujar Adi Lesmana berharap.(FIR)



Tulis Komentar