Daerah

Dampak Perkuliahan Daring, Pendapatan Usaha di Sekitar Kampus UR Menurun

Rumah Makan Ampera Tiga Putri, di Jalan Bina Krida, Tak Jauh dari Universitas Riau.

PEKANBARU (ANEWS) - Covid-19 tak hanya berdampak pada kesehatan, namun juga berpengaruh pada sektor usaha. Pelaku usaha banyak mengeluhkan tentang omsetnya yang menurun.

Tak hanya perusahaan besar, pedagang kecil-kecilan juga merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Terlebih bagi para pelaku usaha yang berjualan di sekitar Kampus Universitas Riau (UR), yang berlokasi di Jl. Bina Widya, Kota Pekanbaru, Riau.

Sejak diberlakukannya sistem kuliah daring, banyak mahasiswa yang memilih untuk pulang ke kampung halamannya. Hal ini berdampak pada merosotnya pendapatan usaha di sekitar Universitas ini. 

"Anggaplah yang tadinya dari 100%, sekarang berkurang jadi sekitar 30%-40% dalam sehari." Ungkap narasumber yang mempunyai usaha fotokopian 5 Bersaudara. 

Mayoritas pelaku usaha di sekitar UNRI ini menjual berbagai jenis makanan, minuman, usaha fotokopian, dan lain sebagainya. Lokasinya yang strategis dan ramai oleh para pembeli dari kalangan mahasiswa, membawa peruntungan sendiri bagi yang membuka usaha disini. 

Senada dengan hal itu, Pardil, seorang penjual makanan Ampera Tiga Putri, juga mengatakan hal yang serupa. "Yang biasanya mungkin habislah 300 potong lauk, sekarang hanya 50% dari itu." Jelasnya. 

Dalam keterangannya, mereka juga menyebutkan sejak sistem perkuliahan daring, pembeli dari kalangan mahasiswa rata-rata yang sudah memasuki tahap semester akhir perkuliahan. 

Lebih lanjut mereka berharap keadaan menjadi kembali normal dan mahasiswa dapat melakukan perkuliahan tatap muka seperti biasa kembali. (SAL)



Tulis Komentar