KMP Barembeang Layani Antar Pulau

Dishub Meranti Penuhi Kebutuhan Transportasi Antar

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Meranti, Dr H Aready. (F: BOM/RNM)

MERANTI (ANEWS) - Kapal Motor Penyebrangan/Roro (KMP) Berembang yang menghubungkan Insit, Pecah Buyung, dan Kampung Balak, Kabupaten Kepulauan Meranti menuju Sei Pakning, Kabupaten Bengkalis akan melayani pelayaran Antar Pulau Membantu Masyarakat di Negeri Berjuluk Sagu tersebut.

"Sejak Sabtu lalu, telah ada keputusan berlayar, maka adanya surat penetapan tarif dari Gubernur Riau dan surat penetapan jadwal KMP Berembang dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah IV Riau Kepri," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Meranti, Dr H Aready, Kamis (4/2/2021) di ruang kerjanya.

Ia mengatakan, KMP Berembang itu, saat ini melayani pelayaran dari Pelabuhan Roro Insit, Pecah Buyung, Kampung Balak, menuju Sungai Pakning. lalu akan dilakukan 2 kali pelayaran.

"Kapal Roro Berembang tersebut, sudah memulai pelayaran sejak dari Kampung Balak, Kepulauan Meranti menuju Sungai Selari, Pakning, Kabupaten Bengkalis," kata Aready.

Menurut Aready, saat ini, KMP Berembang hanya melayani pelayaran sebanyak dua kali yakni pada hari Sabtu dan Minggu dan itu untuk jalur yang disubsidikan. Kalau diluar jadwal itu pihak pengelola bisa saja melayani rute yang sama, namun tarifnya sudah komersil.

Adapun jadwal kapal Roro tersebut adalah pada hari Sabtu dari Pecah Buyung pukul 08:00 pagi dan tiba di Pelabuhan Roro Insit pukul 08:30 pagi. Dilanjutkan dengan perjalanan dari Insit pukul 09:00 pagi dan tiba di Kampung Balak pukul 11:00 WIB siang. Selanjutnya dari Kampung Balak pukul 12:00 WIB menuju Sungai Selari dan tiba pukul 16:00 sore.

Pada hari Ahad dari Sungai Selari pukul 10:00 pagi dan tiba di kampung Balak pukul 14:00 WIB. Selanjutnya pukul 15:00 dari Kampung Balak dan tiba pukul 17:00 WIB di Pelabuhan Insit, selanjutnya lagi pukul 18:00 dari Insit menuju Pecah Buyung dan tiba pukul 18:30 WIB.

Adapun tarif angkutan penyeberangan antar kabupaten dalam wilayah Provinsi Riau dari Kampung Balak, Kepulauan Meranti tujuan Sei Selari, Kabupaten Bengkalis.

Untuk penumpang kelas ekonomi yang terdiri dari penumpang dewasa dengan tarif Rp40 ribu dan anak- anak Rp5.500 perorangnya.

Sedangkan untuk kendaraan golongan I tarif Rp52 ribu per unit, golongan II tarif Rp89 ribu per unit, golongan III tarif Rp176 ribu per unit, golongan IV yang terdiri kendaraan penumpang tarif Rp660 ribu per unit, kendaraan barang tarif Rp551 ribu per unit, golongan V yang terdiri kendaraan penumpang tarif Rp1.136.000 per unit kendaraan barang tarif Rp960 ribu per unit, golongan IV yang terdiri kendaraan penumpang tarif Rp1.919 ribu per unit, kendaraan barang tarif Rp1.590 ribu per unit. Untuk golongan VII tarifnya Rp2.39.000 dan golongan VIII tarifnya Rp3.52.000 per unit.

"Untuk saat ini penyeberangan dalam kawasan Kabupaten Kepulauan Meranti, seperti dari Desa Insit menuju, ke arah Pecah Buyung dan Kampung Balak masih digratiskan sambil menunggu surat penetapan tarifnya. Yang bayar itu dari dan ke luar Kabupaten Kepulauan Meranti," jelas Aready.(BOM)



Tulis Komentar