Daerah

Dua Periode Bupati Irwan Nasir Dinilai Berhasil Membangun Meranti dari Kota hingga Pelosok Desa

MERANTI (ANEWS) - Membangun sebuah daerah Kabupaten ditengah keterbatasan anggaran dan sumberdaya manusia bukanlah hal yang mudah. Untuk sukses diperlukan pemikiran yang brilian, strategi jitu, kerja keras, dan dukungan dari segenap elemen masyarakat.

Selama 10 Tahun memimpin Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, mampu memadukan hal itu sehingga ia berhasil membawa negeri sagu menjadi daerah yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Bupati Irwan sebagai pemimpin yang berkarakter dan berwibawa dinilai berhasil menggesa pembangunan mulai dari Kota hingga kepelosok Desa baik di bidang infrastruktur, sumber daya manusia, hingga ekonomi masyarakat.

Keberhasilan Bupati Irwan tersebut bukan sekedar isapan jempol tapi langsung diakui oleh Camat, Kepala Desa, hingga para tokoh masyarakat yang tergabung dalam Badan Permusyawaratan Desa, yang sangat merasakan berbagai kemajuan yang berujung kepada peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat diwilayahnya masing-masing.

Seperti dikatakan oleh Erman,S.Pd Kepala Desa Mekar Sari Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti beserta Sabar selaku Ketua Badan Permusyawaratan Desa Mekar Sari Kecamatan Merbau yang mengucapkan ribuan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada  Bupati Kepulauan Meranti  Drs.Irwan.M.Si, karena selama dua periode menjabat Bupati telah berhasil membangun desanya.

Menurut Erman Kabupaten Kepualauan Meranti merupakan Kabupaten termuda dengan segala keterbatasan namun berhasil dibangun oleh seorang sosok pemimpin yang berkarakter dan beribawa yakni Drs. H. Irwan M.Si. 

"Walaupun dalam kondisi keuangan Meranti sangat memprihatinkan namum Bupati Irwan berhasil membangun Kabupaten Kepulauan Meranti. Saya mewakili masyarakat Desa Mekar Sari hanya mampu mengucapkan terimakasih atas kepedulian beliau terhadap Masyarakat dengan membangun Desa Mekar Sari.

Salah satu kepudulian Bupati Irwan yang paling berkesan dikatakan Erman adalah membangun  Jembatan Penyeberangan penghubung Desa Mekar Sari dengan Kelurahan yang berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Desa Mekar Sari dan tidak menutup kemungkinan bagi desa-desa lainnya yang ada di Kecamatan Merbau. 

"Yang dahulunya hanya jembatan kayu tapi Alhamdulillah dengan kepedulian beliau terhadap masyarakat beliau kini telah berdiri jembatan yang begitu megah,"ucap Erman.

Yang kedua jalan lintasan dari Kelurahan Teluk Belitung menuju beberapa Desa, sampai ke Desa Meranti Bunting. Walaupun sampai saat ini masih dalam kondisi base tapi sangat membuat hati masayarakat sangat bersyukur dan merasa senang.

Ketiga fasilitas pendidikan dengan membangun Gedung SDN 13 Mekar Sari yang begitu megah dan itu merupakan satu langkah kebijakan Irwan disektor pendidikan. Kemudian peningkatan Elektrifikasi dengan membangun jaringan listrik.

"Bukan hanya membangun jaringan listrik tapi juga memasang Lampu Tenaga Surya dijalan-jalan lingkungan, halaman Masjid yang ada di Desa Mekar Sari," ujar Erman.

Dan yang paling bermanfaat bagi masyarakat miskin adalah dengan membangun  Rumah Sehat Layak Huni yang cukup banyak di Desa Mekar Sari. 

"Atas semua itu saya selaku Kades mewakili masyarakat Desa Mekar Sari hanya bisa mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya, kepada Bupati Drs.Irwan.M.Si karena selama 2 periode kepemimpinannya telah membawa kesan yang baik bagi Masyarakat Desa Mekar  Sari. Semoga semua itu menjadi satu amal Ibadah buat beliau. Dan kami senantiasa mendoakan agar  Bupati Irwan diberikan kesehatan dan  selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin," ujarnya lagi.

Selain berhasil membagun Desa dimata Kades Erman dan masyarakat sosok Irwan merupakan orang yang baik, ramah, mudah senyum walaupun dalam kondisi bagaimanapun.

"Kami bangga punya Bupati seperti Drs. Irwan.M.Si," pungkasnya.

Selanjutnya apresiasi atas kepemimpinan Bupati Irwan Nasir juga disampaikan oleh Kepala Desa Dedap Kec. Tasik Putri Puyu Masnur.

"Saya menyampaikan ucapan ribuan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Bupati Irwan Nasir karena selama beliau menjabat sangat banyak pencapaian yang diraih yang sangat berarti bagi masyarakat  Desa Dedap," ujar Masnur.

Apa saja yang dibangun Bupati Irwan, seperti dijelaskan Masnur diantaranya adalah listrik PLN nyala 24 jam, Pembangunan jalan Kampung Tengah Parit Bunga, Pembangunan jalan Raja Laut, Pembangunan jalan bese penghubun antar desa, dan bantuan sosial kepada masyarakat.

"Untuk itu mewakili masyarakat Desa Dedap saya mengucapkan terimakasih kepada bapak Irwan Nasir dan kami mendoakan semoga beliau diberikan kesehatan, keberkahan umur dan tetap sukses dimanapun berada, kami akan selalu merindukan mu pak Irwan....," ucap Masnur.

Hal senada juga disampaikan Mulyadi selaku Ketua PGRI Kecamatan Tasik Putri Puyu, mewakili seluruh insan pendidik di Kec. TPP, ia mengucapkan ribuan terima kasih kepada Bapak Bupati Irwan Nasir, M.Si, atas berbagai capaian positif di bidang pendidikan.

Seperti terlaksananya  pembangunan fisik gedung sekolah merata diwilayah Kec. TPP yang dilaksanakan dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Selama beliau memimpin telah banyak bangunan fisik yang keadaannya sudah baik dan layak digunakan. Pembangunannya gedung sekolah melalui dana DAK setiap tahun semakin  meningkat oleh karena itu sekali lagi kami ucapkan ribuan terima kasih kepada bapak Bupati Irwan,"ucap Mulyadi.

Kemudian apresiasi dan terima kasih yang tinggi juga datang dari Camat Pulau Merbau Atan Ibrahim, atas dukungan terbentuknya Kecamatan Pulau Merbau sehingga di akhir jabatan Bupati Irwan diwilayah ini kini telah berdiri Kantor Camat yang megah, Puskesmas Rawat Inap yang representatif dan kantor KUA, serta jalan Base Pulau Merbau. 

"Atas nama masyarakat kami ucapkan terima kasih dan selalu mendoakan agar Pak Bupati selalu sehat, sehingga dapat beraktifitas dengan baik serta tetap eksis dan sukses dalam karier politiknya," ucap Camat Atan Ibrahim.

Tak ketinggalan Kades Mayang Sari Ibrahim juga menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan Bupati Drs. H. Irwan M.Si.

"Sebagai Bupati Kepulauan Meranti 2 periode banyak hal yang telah dibuat beliau khususnya di Desa kami. Masyarakat benar - benar besyukur  karena dalam waktu yg relatif singkat Bupati Irwan bisa membangun kabupaten kepulauan Meranti ini diberbagai bidang baik Infrastruktur, Kesehatan, Pendidikan dan lainnya, terimakasih Pak Bupati atas usaha dan jasanya, sukses selalu," ucap Ibrahim.

Selanjutnya ucapan terima kasih disampaikan oleh Kades Putri Puyu Sahrul, mewakili masyarakat diwilayahnya mengucapkan apresiasi dan teeima kasih kepada Bupati Drs. H. Irwan M.Si.

"Sebelum Kabupaten ini dimekarkan, daerah kami  yang terletak diujung Pulau Padang dikelilingi hutan tak ada jalan sehingga sulit berurusan administrasi seperti membuat KTP maupun yang lainnya,  ditambah lagi perekonomian yang sulit dikarenakan minimnya Infrastruktur dasar dan listrikpun gelap gulita, Alhamdulillah setelah mekar dan dipimpin Pak Irwan daerah kamipun mulai maju, dan kami benar - benar besyukur," ucap Sahrul.

Apa saja yang telah dibangun, seperti dijelaskan Syahrul sebagai berikut pertama dibangunya jalan penghubung antar Desa. Mulai dari Meranti Bunting hingga Tanjung  Padang. Melalui program strategis Merangkai Pulau, kini Desa Putri Puyu pun sudah terlihat gagah dengan jalan yang sudah lebar, lampu 24 jam, sekolah sekolah dan perkantoran yang cukup baik.

Dibidang kesehatan juga telah dibangun Puskesmas yang setara dengan Rumah Sakit Pratama dengan fasilitas rawat inap yang sangat megah terletak di Ibu Kota Kecamatan, dan kini juga telah berdiri Kantor Camat TPP yang sangat megah.

"Inilah bukti besarnya perhatian Bapak Bupati terhadap kesejahteraan masyarakat.

Membangun Meranti sebagai daerah Kepulauan mempunyai kesulitan tersendiri untuk melaksanakan pembangunan karena hampir semua material didatangkan dari daerah luar yang biayanya sangat tinggi, bisa mencapai 3x lipat jika dibandingkan dengan wilayah daratan, tapi Alhamdulillah beekat kecintaan dan semangat juang  Pak Irwan Nasir, Kabupaten Kepulauan Meranti bisa dibangun sesuai dengan harapan," ujarnya.

Syahrulpun mengajak kepada masyarakat untuk selalu bersyukur atas fasilitas yang sudah dapat dinikmati itu dan medoakan Bupati Irwan selalu eksis dalam karier politiknya sehingga kedepan dapag kembali hadir ditengah masyarakat.

"Terimakasih kepada Pak Bupati Irwan Nasir atas jasa-jasanya,..semoga Allah SWT membalas atas usaha-usaha bapak selama memimpin kami, dan mohon maaf dari kami, selamat jalan dan sukses selalu, Amin ya Allah," pungkasnya. (BOM)



Tulis Komentar