Daerah

Sigap Cegah Karhutla dengan Penetapan Status Siaga, Presiden RI Berikan Apresiasi Kepada Riau

Wakil Gubernur Riau saat di Wawancarai setelah Selesai Rakornas. (F: SAL/ANEWS)

PEKANBARU (ANEWS) - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang dilakukan secara virtual, Presiden RI menyampaikan beberapa arahan terkait permasalahan Karhutla. 

Dalam penyampaiannya Jokowi membahas daerah-daerah yang rawan Karhutla. Jokowi juga mengapresiasi penetapan status siaga Karhutla di Riau sebagai bentuk kesigapan dalam pencegahan Karhutla. 

Penetapan status siaga Karhutla di Riau ini ditetapkan oleh Pemprov Riau sejak 15 Februari hingga 31 Oktober 2021 mendatang. Apresiasi ini disampaikan oleh Jokowi dalam pengarahan terhadap peserta Rakornas. 

"Provinsi Riau sudah menetapkan status siaga Karhutla, ini bagus. Bersiap-siap, jangan sampai nanti administrasi dan payung hukumnya belum siap tapi kebakarannya malah membesar," Ucap Jokowi. 

Lebih lanjut, Wakil Gubernur Riau Edy Nasution, membahas terkait apresiasi yang diberikan oleh Jokowi. Dalam penyampaiannya saat wawancara bersama wartawan, Edy mengatakan sebelumnya dua Kabupaten sudah menetapkan status siaga, lalu ditambah enam Kabupaten yang menyusul terkait penetapan tersebut.

"Dengan gerak cepat kita melakukan siaga darurat diawal waktu, ini diapresiasi oleh Beliau (Presiden RI), artinya beliau tidak ingin ada keterlambatan," ungkap Edy. 

Lanjut Edy, pengalaman di 2015-2019 memberikan pelajaran terkait permasalahan Karhutla. Ia mengatakan upaya pencegahan sangat penting dilakukan.

"Semua Satgas sudah kita siapkan ke daerah-daerah, antisipasi kita sudah kita lakukan dari awal," Tutup Edy. (SAL)



Tulis Komentar