Daerah

Dua Rakit Lengkap Dibakar Petugas dalam Operasi PETI di LTD, Rafidin : Jika Melawan Hukum Kita Tindak Tegas

KUANTAN SINGINGI - (ANEWS) Maraknya aktivitas Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di Kabupaten Kuantan Singingi kian menjadi-jadi, bahkan bukan hanya di sekitar aliran sungai Kuantan, wilayah yang tidak terjamahpun mulai menjadi target para pengumpul logam mulia tersebut. 

Tak mau wilayahnya dijadikan operasi penambang ilegal, Kapolsek Logas Tanah Darat langsung melakukan penertiban terhadap pelaku Kamis (25/2/2021) siang sekitar pukul 13:30 wib. 

Operasi penertiban pelaku penambang emas tanpa izin (PETI) tersebut dipimpin secara langsung oleh Kasat Reskrim AKP Boy Marudut Tua,SH yang didampingi Kapolsek Logas Tanah Darat IPTU Rafidin Lumban Gaol serta Kanit Res LTD Aiptu Fauzi, SH, Kanit Intel Bripka Indra, Bripka Novel, Babinsa, personel Sat-reskrim, dan 10 personel Polsek Logas Tanah Darat.

Operasi yang dipimpin Kasat Reskrim AKP Boy Marudut Tua tersebut berada di Desa Kuantan Sako Kecamatan Logas Tanah Darat aliran Sungai Jake yang berbatasan dengan Desa Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir.

Alhasil, setelah melewati aliran sungai yang dalamnya tiga meteran lebih dan saat melakukan penyeberangan pelaku melarikan diri karena mencium kedatangan petugas operasi PETI.

Saat tiba di lokasi, personel Sat-reskrim serta personel Polsek LTD yang didampingi Babinsa, menemukan dua unit rakit yang masih lengkap, baik mesin maupun asbuk serta karpet. Tanpa pikir panjang, personel gabungan Sat-reskrim serta personel Polsek dan Babinsa melakukan pengrusakan dan penghancuran serta melakukan pembakaran. 

Kasat Reskrim AKP Boy Marudut Tua, SH saat dikonfirmasi media ini membenarkan bahwa telah terjadi operasi pada pelaku PETI di Kecamatan Logas Tanah Darat. 

"Benar, tadi siang bersama polsek LTD serta personel dan dibantu oleh Babinsa. Ini merupakan upaya agar PETI tak lagi beroperasi. Terimah kasih atas kerja sama Kapolsek dan personel dan juga Babinsa, selagi beroperasi kita tindak tegas," terang Boy.

Disamping itu, Kapolsek Logas Tanah Darat IPTU Rafidin Lumban Gaol mengucapkan terimakasih atas kerjasama Sat-reskrim yang telah besinegi bersama Kapolsek LTD dalam memberantas aksi PETI di wilayah hukum (wilkum) nya.

"Kita sangat mengapresiasi, setelah melewati berbagai rintangan kita sampai ke lokasi, yang mana air kurang lebih kedalaman 3 meter lebih, telat sedikit saja, pelaku mencium kehadiran kita," ucap Rafidin. 

Rafidin juga menjelaskan, bapak  Kapolres sering kali menginstruksikan kepada jajaran, bahwa PETI jelas tidak boleh beroperasi di wilayah hukum kepolisian Kuantan Singingi, Namun pelaku sering kucing-kucingan dengan petugas. 

"Kita tindak tegas, apapun, siapapun, kita tak pandang bulu dan tak tebang pilih, selagi melakukan perbuatan melawan hukum," tutup Rafidin. (YSP)



Tulis Komentar