Daerah

Ada 8 Titik Panas dan 2 Titik Api Terdeteksi di Riau

Kebakaran hutan dan lahan masih terus berlanjut di Riau. (F/*)

PEKANBARU (ANEWS) - Pagi ini Jum'at (5/3/2021) BMKG mencatat ada delapan hotspot atau titik panas terdeteksi di wilayah Riau. Titik panas ini tersebar di tiga kabupaten di Riau masing-masing di Kepulauan Meranti 4 titik, Indragiri Hilir 3 titik dan Bengkalis 1 titik.

Titik-titik panas ini menurut Analis BMKG Stasiun Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Sanya G tampak pada citra satelit, Jumat pukul 06.00 WIB. 

Titik-titik panas ini dengan tingkat kepercayaan sedang, di atas 30 persen tersebar di 3 kabupaten di Riau. Sementara untuk tingkat kepercayaan tinggi atau di atas 80 persen terdeteksi 2 titik api berada di Kepulauan Meranti.

"Lokasi ini merupakan kawasan lahan gambut di Putri Punyu berdasarkan pantauan satelit aqua," kata Sanya G.

Sebelumnya, kebakaran hebat terjadi di beberapa daerah di Riau. Bahkan, lahan terbakar juga terjadi di kawasan cagar biosfer Giam Siak Kecil (GSK) Bengkalis.

Menurut Balai BKSDA Riau, diperkirakan ada ratusan hektare lahan terbakar di GSK. Beruntung, lahan terbakar sudah berhasil dipadamkan setelah 11 hari petugas di lapangan berjibaku.

"Total keseluruhan belum dihitung berapa luas yang terbakar. Perkiraan kasar kami lebih dari 100 ha," ujar Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono. (*)



Tulis Komentar