Daerah

Hujan Lebat Guyur Pekanbaru Sore Ini, BMKG: Waspada, Hujan Lebat Disertai Petir akan Mengguyur Riau

Hujan lebat disertai petir mengguyur kota Pekanbaru Sabtu (6/3/2021) sore. (F:RNM/ANEWS)

PEKANBARU (ANEWS) - Hujan lebat disertai petir mengguyur Kota Pekanbaru pada sore ini Sabtu (6/3/2021). Usai ba'da Zhuhur, langit di kota bertuah mulai diliputi awan mendung. Padahal pagi tadi sempat panas terik. 

Sudah beberapa pekan ini Kota Pekanbaru dan seluruh kabupaten kota di Riau menghadapi cuaca panas terik yang menyengat. 

Kondisi ini mengakibatkan sejumlah hutan dan lahan di Riau mudah terbakar. Di beberapa wilayah banyak ditemukan titik api, dan tim Karhutla pun bersusah payah memadamkan dan mendinginkan api. 

Hujan lebat disertai petir ini juga sudah diprediksi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru.

Seperti yang dilansir cakaplah.com hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir berpotensi mengguyur Riau, Sabtu (6/3/2021).

Forecaster On Duty Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru Anggun mengatakan, hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi di beberapa tempat dan akan berlangsung hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Anggun.

Ia mengatakan, pagi hari hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Kampar.

"Sedangkan siang hari hingga sore hari potensi hujan terjadi di sebagian besar wilayah Riau, khususnya di wilayah Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Kuantan Singingi, Kota Pekanbaru, Indragiri Hulu, Kota Dumai dan Pelalawan," ucapnya.

Malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang hampir di sebagian besar wilayah Riau, dan terkonsentrasi di wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Bengkalis, Siak, Dumai, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kota Pekanbaru dan juga Pelalawan.

"Dini hari potensi hujan juga terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, Siak, Bengkalis, Kota Dumai, Pelalawan, Kepulauan Meranti dan Kota Pekanbaru," terangnya.

Lanjut Anggun, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan lebat yang dapat disertai petir yang dapat terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar. Termasuk juga di Kuantan Singingi, Bengkalis, Siak, Kota Pekanbaru, Kep Meranti, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Rokan Hulu dan Dumai.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 32.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 60 - 98 %. Sementara arah angin berhembus ke arah Utara - Timur dengan kecepatan 05 - 36 Km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 - 1.25 meter. (*)



Tulis Komentar