Daerah

Baru Diperbaiki, Kondisi Jembatan Pouik Uso Desa Ulak Patian Rusak Lagi

Kondisi Jembatan Pouik Uso Desa Ulak Patian yang rusak lagi setelah diperbaiki Dinas PUPR Rokan Hulu. (F:NDI/ANEWS)

ROKANHULU ANEWS - Warga Desa Ulak Patian Kecamatan Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu Riau, mengeluhkan kondisi jembatan yang membentang di atas Sungai Pouik Uso Desa Ulak Patian. Menurut warga jembatan ini baru dua bulan direnovasi namun sekarang rusak lagi.

Pengakuan warga, jembatan yang merupakan jalur transportasi penghubung antara Desa Rantau Binuang Sakti (RBS ) dan Desa Ulak Patian dengan Desa Kepenuhan tersebut kondisinya rusak parah sejak beberapa bulan terakhir.

"Bertahan hanya sekitar dua bulanan saja setelah direnovasi. Kerusakannya pun sudah mulai terlihat dalam jangka waktu dua (2) bulan pasca diaktifkan kembali setelah direnovasi Dinas PUPR Kabupaten Rokan Hulu pada akhir tahun 2020 Kemarin ," Kata Dian (60) yang merupakan warga setempat pada awak media Jum'at (12/3/2021) saat melakukan kunjungan ke desa tersebut.

Dian menceritakan, banyak masyarakat yang menyesalkan dengan hasil perbaikan yang dilakukan dinas terkait pada jembatan tersebut. Masyarakat yang melintas di jalur itu merasa tidak nyaman. Bahkan sebuah kendaraan motor sampai rusak karena menghantam lubang yang menganga di jembatan itu.

Semenjak selesai direnovasi Dinas PUPR Rokan Hulu kondisi jembatan Pouik Uso bukannya menambah kenyamanan bagi pengendara melainkan kerusakannya masif semakin terjadi.

"Ya, sebenarnya kami merasa resah dengan kondisi jembatan rusak seperti itu namun kami tidak tahu harus menyampaikan keluhan kami ini kemana. Ya, mau tidak mau agar kami tetap bisa terhubung ke desa tetangga kami harus menempuh jalur alternatif yaitu membuat jalan di aliran sungai. Itupun hanya akan bisa ditempuh ketika musim kemarau saja kalau sudah masuk musim penghujan jalur alternatif tersebut tidak akan bisa ditempuh karena sudah dipenuhi air sungai," paparnya.

Sementara itu di tempat terpisah, aktivis Peduli Ummat Dendy Rahmanda yang juga merupakan salah satu tokoh milenial Rokan Hulu, menanggapi keluhan warga ini Ahad (14/3/2021) meminta kepada Bupati Rokan Hulu agar melakukan tindakan tegas kepada Dinas PUPR Rokan Hulu yang diduga telah melakukan kelalaian dalam pelaksanaan renovasi jembatan tersebut sehingga masyarakat sangat dirugikan.

" Ya, kami berharap agar Bupati Rohul Rohul bisa berlaku tegas terhadap dinas-dinas yang dinilai tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik agar masyarakat tidak lagi merasa dirugikan," tegasnya. (NDI)



Tulis Komentar