Daerah

Bantu Pencegahan Karhutla, Pemprov Riau Siapkan Alat Berat tuk Warga yang Buka Lahan

Gubernur Riau Drs H Syamsuar. (F: ist-ANEWS)

PEKANBARU (ANEWS) - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar sangat serius melakukan upaya pencegahan Karhutla, bahkan Pemprov sudah mempersiapkan alat berat yang nantinya dapat membantu masyarakat dalam membuka lahan tanpa membakar. 

Karena itu Gubri menyampaikan agar masyarakat di Riau tidak lagi membakar saat membuka lahan dan hutan. 

Hal tersebut disampaikan Gubri Syamsuar saat usai memimpin Apel Siaga Pencegahan Karhutla di Wilayah Provinsi Riau tahun 2021 Selasa (16/3/21) di Halaman Kantor Gubernur Riau.

Dikatakan, sesuai dengan arahan Presiden RI Jokowi, bahwa pencegahan Karhutla harus dilaksanakan permanen, agar tidak adalagi bencana Karhutla di wilayah Riau. 

"Sesuai arahan Pak Presiden, pertama mengolah lahan tanpa membakar. Oleh karena itu, kami sudah mempersiapkan alat berat bagi para petani kita yang tidak mampu. Dengan demikian, mengolah lahan tidak lagi dibakar," jelas Gubri Syamsuar.

Lebih lanjut Gubri mengajak agar warga yang ingin membuka lahan dapat memanfaatkan fasilitas alat berat yang sudah disediakan. "Peralatan yang kita persiapkan sekarang ada 12 unit untuk kabupaten dan kota, ada ekskavator kecil. Kalau terlalu besar nanti amblas," tutup Syamsuar. (*)



Tulis Komentar