Daerah

Kembali, Sampah Menumpuk di Jalan Raya Kota Pekanbaru

sampah menumpuk di salah stau sudur ruang jalan di Kota Pekanbaru. (F:dtc-ANEWS)

PEKANBARU ANEWS - Bukan hanya banjir yang kerap menggenangi Kota Pekanbaru setiap selesai turun hujan, tapi juga sampah menumpuk. Pada Selasa (23/3/2021) pagi ini, tampak tumpukan sampah berserakan di beberapa jalan di Pekanbaru, sepertidi Jalan HR Soebrantas, Jalan Soearno Hatta dan Jalan Tuanku Tambusai.

Dari pantauan di lapangan tumpukan-tumpukan sampah banyak menumpuk disetiap sudut ruang di sejumlah jalan tersebut, bahkan, sampah nyaris menutup badan jalan di wilayah itu. Padahal jalan-jalan itu merupakan jalan raya besar yang biasa dilintasi masyarakat kota Pekanbaru. Tentu pemandangan tersebut sangat buruk. Selain bau busuk menyengat yang menusuk hidung. 

Warga menyebut sampah menumpuk dan berserakan itu akibat belum ada pengangkutan oleh dinas terkait. Menurut Hartini, tumpukan sampah terjadi karena belum ada petugas pengangkut sampah yang datang. Padahal, biasa pengangkut sampah rutin mulai mengangkut sampah sejak beberapa pekan terakhir.

"Belum ada yang angkut, jadi menumpuk begini. Biasa ada mobil angkutan, jadwal angkutan biasa pagi," kata wanita itu tersebut saat ditemui.

Tidak hanya keterlambatan pengangkutan saja, kurangnya kesadaran masyarakat disebut membuat sampah berserakan. Di mana, sampah dibuang tanpa dibungkus plastik.

"Ini begini (berserak) karena tak dibungkus. Jadi sampai ke jalan-jalan dan akhirnya ini bau semua," katanya.

Kembali ke persoalan sampah, Dinas LHK Pekanbaru sebelumnya tengah melakukan lelang angkutan. Namun, belum diketahui pasti apakah lelang sudah selesai.

Melihat dari situs resmi lelang sampah di https://www.lpse.pekanbaru.go.id terlihat proses lelang telah selesai pada 18 Maret lalu. Lelang selesai terhadap 2 zona yang ada di Pekanbaru.

Namun, dalam situs tersebut tidak terlihat perusahaan pemenang tender pada zona 1 dan 2. Situs hanya menampilkan 12 proses lelang, mulai dari pengumuman hingga proses penandatanganan kontrak 18 Maret pukul 16.00 WIB.

Sekretaris Dinas LHK Pekanbaru, Azhar yang sebelumnya juga ditunjuk sebagai Plh Kepala Dinas belum memberi respons saat dimintai konfirmasi.(*)



Tulis Komentar