Daerah

Dilaporkan Tercemar, Komisi III Tinjau Lokasi PKS PT. MAS

Kondisi warna air sungai Sialang Petai Desa Kota Medan, berubah warna akibat tercemar limbah yang diduga mengalir dari dampak aktifitas PKS PT MAS di Kecamatan Kelayang. (F:FRS/ANEWS)

INDRAGIRI HULU (ANEWS) - Akhir-akhir ini masyarakat mencium aroma pencemaran limbah dari PKS PT. Mitra Agung Swadaya ( MAS ). Pasalnya air sungai Sialang Petai yang mengalir disekitarnya menjadi tercemar dengan berubah warna.

Akibatnya masyarakat setempat membuat laporan pengaduan melalui Desa Kota Medan Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) sesuai surat No.02/LP/2008/ II/2021 tentang laporan pencemaran Daerah Aliran Sungai (DAS) yang di tujukan langsung ke DPRD Kabupaten Inhu.

Namun Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Pengolahan Lingkungan Hidup di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Inhu, Joni Maryanto mengaku tidak ada laporan pencemaran lingkungan hidup yang terjadi di PT. MAS.

"Bila ada, kami pasti akan menindaklanjuti untuk memastikan kejadian tersebut,”jawabnya singkat saat di konfirmasi Kamis (1/4-2021).

Sementara Kepala Desa Kota Medan Kecamatan Kelayang, Rudini membenarkan adanya dugaan pencemaran limbah di Sungai Sialang Petai, yang di duga mengalir dari PKS PT. MAS.

Ya, masyarakat Desa telah melaporkan ke DPRD yang ditujukan langsung pada ketua DPRD Inhu. Bahkan kabarnya mereka telah turun kemaren Senin, (29/3-2021).

Ketika ditanya tentang hasil kunjungan ke lapangan sesua dengan Surat Perintah Tugas ( SPT ) sesuai No.SPT.0203/DPRD/ III/2021, Ketua Komisi III DPRD Inhu Taufik Hendri tidak memberikan jawaban karena saat dikonfirmasi dia sedang di Pekanbaru.

Namun Taufik juga mengaku, tidak semua anggota dewan turun ke lokasi guna meninjau PKS PT. MAS, ” pungkasnya.(FRS)

 

 

 

 

 

 

 



Tulis Komentar