Daerah

Siap Mendunia, Kuansing Tampilkan 9 Motif Batik di Expo Riau International Fashion Festival 2021

Sekretaris Umum IKKS Arman Lingga Wisnu pamerkan salah satu batik khas Kuansing di arena Expo Riau, Sabtu (3/4/2021). (Foto: Ist/ANews)

PEKANBARU (ANEWS) - Para pengrajin batik khas Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) kini ikut menggelar hasil karya mereka pada pagelaran Expo Riau International Fashion Festival Tahun 2021 yang diselanggarakan di salah satu mall bergengsi di Pekanbaru, Riau. Ajang Expo Riau ini berlangsung pada 1-4 April 2021.

"Kami membawa batik karya para pengrajin batik asli Kuansing yang dikerjakan secara tradisional dengan tangan, bukan mesin. Ini bercorak sangat khas yang tidak ada di daerah lain," ucap Surmayanti, pemilik Batik Kuansing Batik Nagori yang ditemui Amanah News di arena Expo Riau, Sabtu (3/4/2021).

Disebutkan Surmayanti, untuk menjamin kelestarian Batik Kuansing agar tidak diklaim pihak lain, ia mengaku hingga kini sudah mematenkan 8 motif khas Batik Kuansing.

"Ini karya tangan asli para pengrajin batik di Kuansing. Kami tidak ingin ada pihak lain yang mengklaim, makanya kami langsung patenkan motif-motif batik Nagori Kuansing ini ke Direktorat HAKI Kemenkumham," tambah Zura, panggilan akrab Surmayanti.

Terkait keikutsertaan para pembatik Kuansing pada ajang Expo Riau 2021 ini, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kuansing, Azhar mengatakan, ajang Expo Riau merupakan kesempatan emas untuk memperkenalkan batik Kuansing kepada masyarakat luar dan diharapakan mendapat feedback untuk kemajuan batik Kuansing.

Diakui, DiskopUKM Dagrin Kuansing telah mengumpulkan kelompok pembatik yang ada di Kuansing. Hal itu dilakukan guna mempersiapkan batik andalan yang ditampilkan.

Untuk Expo Riau, kata Azhar, DiskopUKM Dagrin Kuansing mendapatkan sembilan corak motif batik andalan. Yakni, motif jalur, motif perahu baganduang, calempong, mandulang, silat pangean, takuluak barembai, pucuk rebung, tugu carano, rumah adat dan motif corona.

Azhar Mengatakan, batik Kuansing secara perlahan sudah mulai dikenal oleh masyarakat luar. Kendati demikian, Kuansing harus memanfaatkan setiap peluang untuk kemajuan UMKM batik Kuansing.

"Karena itu, kita ikut kegiatan ini untuk mempromosikan batik Kuansing. Sehingga, batik Kuansing ini semakin mendunia," kata Azhar. (ZET)



[Ikuti AmanahNews.com Melalui Sosial Media]




Tulis Komentar