Daerah

Panen Perdana, Bupati Alfredi Optimis Budidaya Porang Dapat Berkembang di Siak

Bupati Siak Alfedri menghadiri panen perdana budidaya tanaman Porang di kampung Jawa, Benteng Hulu, Mempura. (F: ist-ANEWS)

SIAK (ANEWS) - Bupati Siak Alfedri optimis budidaya tanaman Porang bisa berkembang di Kabupaten Siak. Pasalnya tanaman jenis umbi-umbian ini memiliki nilai ekonomis yang cukup menjanjikan, bahkan lebih menguntungkan dari kelapa sawit. 

"Kita jangan hanya tertumpu dengan sawit aja, namun kita harus mencoba tanaman porang ini. Yang hasilnya lebih banyak dari pada sawit," ujar Alfedri saat melakukan panen perdana porang di Kampung Jawa, Benteng Hulu, Mempura Ahad (11/4/2021).

"Dalam hitungan kasar, jika satu hektare bisa menghasilkan 24 ton, dan dikalikan dengan harga Rp 6.000/kilogram, kan lumayan nih," jelasnya.

Ia bilang, tanaman porang mempunyai nilai komoditi tinggi, sehingga menjadi bahan ekspor keluar negeri. "Ini bisa menjadikan porang sebagai produk unggulan di satu kampung, one village one produk," ujar Alfredi.

Saat ini lanjut Bupati, para petani porang sedang menunggu masa panen sebanyak ratusan ribu batang yang berlokasi di enam kecamatan. 

Alfedri mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur atau perkarangan rumah yang tidak produktif untuk ditanam porang. Selain itu tanaman ini tidak mengantikan tanaman lain, namun hidup berdampingan dengan tanaman lain. 

"Porang ini bisa di Tanaman Tumpang Sari, kita tidak harus menanam berhekatar-hektar yang tentu membutuhkan modal yang cukup besar. Namun cukup memulainya dengan ditanam di perkarangan rumah, seperti yang kita panen sekarang," ungkapnya.

Ia berharap dinas terkait dan camat dapat menyampaikan kepada masyarakat, bahwa tanaman porang ini sangat menjanjikan dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Menurut rencana ke depan akan dibangun pabrik Porang di Tualang Desa Bunut, dengan harapan pabrik ini mampu menampung hasil panen petani porang dengan harga yang diberikan bersahabat," ungkapnya.

Sementara itu Ketua DPC (Dewan Pimpinan Cabang) P3N (Petani Penggiat Porang Nusantara kabupaten Siak) Janter Kimba Sinaga mengatakan Panen porang kali ini merupakan perdana di Kabupaten Siak dan langsung dihadiri Bupati Siak. 

"Ini merupakan titik awal, komonitas porang ini berkembang di Kabupaten Siak. Dengan hadirnya pak Bupati Alfedri kami sangat berharap dukungan dari Pemkab Siak, agar program budidaya porang ini dapat diminati masyarakat dan mampu menopang ekonomi warga," ungkapnya.

Ia memaparkan sebaran para petani porang yang sudah berjalan di Kecamatan Kandis ada 21 ribu batang, Tualang 21 ribu batang, Mempura 5 ribu batang, Siak 21 ribu, Koto Gasib ada 15 ribu batang.

Di kesempatan yang sama Ketua DPW Pegiat Petani Porang Nusantara (P3N) Deny Welianto berharap Kabupaten Siak sebagai salah satu sentra komoditi porang di Riau karena Siak punya potensi untuk itu.

Karena menurutnya, Siak memiliki lahan gambut yang cukup luas. Lahan gambut memiliki deposit air yang cukup besar serta memiliki kandungan nitrogen yang cukup tinggi yang dibutuhkan bagi tanaman porang. (INFOTORIAL)

 



Tulis Komentar