Daerah

Bupati Rokan Hilir Resmikan Hutan Kota Bagansiapiapi

Bupati Rohil H.Suyatno AMp saat penandatanganan prasasti peresmian pembukaan Hutan Kota Bagansiapiapi. (F:ALX/ANEWS)

ROKAN HILIR (ANEWS) - Dalam rangka memeriahkan dan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tahun pada tanggal 5 juni, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau mengusung Tema "Biru Langitku, Hijau Bumiku" Pada Peresmian Hutan Kota Bagansiapiapi, Sabtu (5/6/2021).

Peresmian hutan kota bagansiapiapi sebagai objek wisata baru di ibukota Kabupaten Rokan Hilir ditandai dengan pemukulan gong oleh Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, dilanjutkan penandatangan Prasasti Hutan Kota Bagansiapiapi oleh Bupati Rohil H.Suyatno AMp diteruskan pelepasan burung merpati dan penanaman pohon di area hutan kota.

"Saya menyampaikan apresiasi serta terima kasih banyak kepada kepala Dinas Lingkungan Hidup yang telah memoles sehingga hutan kota ini semakin indah dan menarik," Ujar Bupati Suyatno, Jumat (4/6/2021) didepan awak media di Hutan Kota Bagansiapiapi.

Suyatno juga berpesan agar Hutan Kota Bagansiapiapi yang memiliki luas lebih kurang tujuh (7) hektare (Ha) yang baru diresmikan itu perlu dijaga, dirawat dan dilestarikan sehingga kedepannya hutan kota ini bisa jadi ikon wisata di ibukota rohil sebagai objek wisata baru tempat edukasi bagi anak anak untuk mengenali jenis tanaman dan hewan.

"Kawasan ini betul betul harus kita lestarikan dan wajib bagi kita semua untuk memeliharanya, Ini merupakan paru paru kota, untuk itu, saya minta keberadaann taman kota ini, untuk dipertahakan keasrian hutan kota, jaga kebersihan, jangan buang sampah sembarangan," Pinta Bupati Suyatno.

Disamping itu, Kadis Lingkungan Hidup Rohil Suwandi S.Sos juga mengatakan yang mana peresmian Hutan Kota Bagansiapiapi itu sekaligus dalam rangka memeriahkan dan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021 di isi dengan berbagai kegiatan seperti penanaman 100 batang berbagai jenis pohon serta lomba melukis tingkat SMA/ Sederajat se kecamatan Bangko.

" Alhamdulilah, Hutan Kota Bagansiapiapi hari ini telah diresmikan oleh Bupati sembari memperingati HLH sedunia juga diisi kegiatan penanaman pohon serta lomba melukis, mari bersama kita jaga kita rawat tempat wisata baru yang ada di ibukota ini, jaga kebersihan jangan buang sampah sembarangan serta patuhi protokol kesehatan jika mau berlibur kesini," Himbau Suwandi.

Sambungnya, Hutan Kota ini berfungsi untuk memperbaiki dan menjaga Iklim, selain itu juga berguna sebagai peresapan air dan juga menciptakan keseimbangan lingkungan fisik serta mendukung pelestarian keanekaragaman hayati," Tutup Suwandi.

Peresmian Hutan Kota Bagansiapiapi tersebut tampak dihadiri oleh Bupati Rohil H. Suyatno Amp, Sekda M Job Kurniawan, Kadis LH Suwandi S.Sos, Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SIK MH yang diwakili Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH. MH, Perwakilan Kodim 0321/Rohil, serta kepala OPD lainya dan Insan Pers yang hadir meliput. (LEK)



Tulis Komentar