Daerah

Dimulai, Pembangunan Rumah Adat Ninik Mamak IV Koto Lubuk Ambacang Kuansing

Para Ninik Mamak pemangku adat IV Koto Lubuk Ambacang berfoto bersama Syafrudin Dt.Songgo pada kegiatan gotong royong di Rumah adat yang akan di pugar. (Foto.Ist/Anews)

KUANTAN SINGINGI (ANEWS) - Pembangunan 'Rumah Dalam' ninik mamak yang terletak di Ate Koto Desa Koto Kombu, Kecamatan Hulu Kuantan telah dimulai. Hal ini ditandai dengan berkumpulnya para Ninik Mamak pemangku adat se IV Koto Lubuk Ambacang beberapa waktu lalu yang dikomandoi Pucuk Pimpinan Adat Syafrudin Dt.Songgo.

Dalam pertemuan itu ninik mamak yang berjumlah 26 orang sebagaian besar menyepakati dimulainya pemugaran 'Rumah Dalam' ninik mamak tempat berkumpul dan tempat pulang basamo para pemangku adat ninik mamak nagori IV Koto Lubuk Ambacang.

" Pemugaran rumah adat ninik mamak ini alhamdulillah sudah kami sepakati bersama untuk dimulai pemugaran dan pembangunannya jadi kami mohon dukungan dan bantuan dari anak, cucu dan kemenakan baik yang ada di kampung maupun yang berada di perantauan." beber Syafrudin yang bergelar Dt.Songgo kepada AmanahNews, Kamis (15/6/2021).

Ditambahkan Dt. Songgo, Rumah adat ini berpungsi dan diperuntukan untuk "rumah tompek pulang basamo para ninik mamak untuk menyelesaikan permasalahan baik masalah anak kemenakan maupun masalah nagori." Dulunya tempat berkumpulnya ninik mamak setelah selesai Sholat Jumat dan Idul Fitri di Masjid Jamik langsung bersama-sama menuju rumah godang dan tempat Mambawo Tabak (berisi makanan) oleh anak,cucu, kemenakan untuk diberikan ke mamak masing-masing suku."

Sementara itu Taslim Idrus Dt. Sarajo menyambut baik dan mendukung sepenuhnya pemugaran dan pembangunan rumah Adat ini dan meminta kepada anak kemenakan yang berada diluar Hulu Kuantan untuk dapat berpartisipasi dan membantu pembangunan rumah adat ini.

"Kami sangat senang dan mendukung sepenuhnya pembangunan rumah dalam ninik mamak ini disamping untuk berkumpul para ninik mamak juga sebagai wadah penyelesaian komplik yang ado di nagori kito.Dan kami juga meminta doa restu, sumbangsih serta bimbingan dari pemerintah kabupaten Kuantan Singingi yang mana kita bersama-sama mendukung program pemkab dengan tujuan yang sama yaitu Basatu Nagori Maju." ujar Dt.Sarajo yang biasa dipanggil Atat ini.

Seiring dengan itu program ninik mamak ini juga sejalan dengan program pemerintahan daerah sekarang yaitu Bupati Kuansing, Andi Putra.SH,MH dan wakilnya Drs.H.Suhardiman Amby, Ak.MM.yang akan menggalakkan Lembaga Adat Nagori serta akan memberikan Insentif untuk para ninik mamak di Kuantan Singingi.(HRZ)



Tulis Komentar