Daerah

Antisipasi Karhutla, 6.400 Kg Garam Disemai di Riau

Pesawat TNI AU melakukan Teknologi Medifikasi Cuaca (TMC) untuk pencegahan kebakaran di Riau. (F: mcr-ANEWS)

PEKANBARU (ANEWS) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal melalui Kepala Bidang Kedaruratan, Jim Gafur, Ahad (11/7/2021) mengatakan untuk pencegahan kebakaran di kabupaten/kota se-Riau, Satuan Tugas (Satgas) Udara Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau telah melakukan Teknologi Medifikasi Cuaca (TMC).

"TMC sudah dilakukan oleh tim Satgas udara. Sampai saat ini TMC sudah delapan kali dilakukan. Sekali terbang pesawat TMC menabur sekitar 800 Kg garam, kalau delapan kali berarti sudah 6.400 Kg garam yang ditabur di awan Riau," katanya. 

Dikatakan Jim, tim melakukan TMC di beberapa wilayah diantaranya Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Rokan Hulu, Indragiri Hulu, dan Kota Dumai. 

"Di daerah itu yang ada potensi awan, makanya garam ditebar di wilayah itu. Selain itu daerah itu juga rawan kebakaran, makanya untuk mengantisipasi terjadi kebakaran kita lakukan antisipasi dengan melakukan TMC," terangnya. 

Disamping itu, Jim menambahkan hari ini hotspot (titik panas) maupun firespot (titik api) di Provinsi Riau nihil. Meski begitu, pihaknya tetap mengajak semua masyarakat Riau untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. 

"Dengan begitu tahun 2021 Riau bisa bebas asap," tutupnya. (*)



Tulis Komentar