Ekonomi

Potensi Aktivitas Ekonomi, Luhut Sebut Bulan September Dibuka Bertahap

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (F: ist-ANEWS)

JAKARTA (ANEWS) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan penerapan PPKM berlevel dilanjutkan dari 3-9 Agustus 2021. Meski begitu, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berbicara mengenai potensi dibukanya kembali aktivitas ekonomi.

Menurut Luhut pembukaan aktivitas ekonomi akan sangat bergantung pada beberapa hal, yakni vaksinasi dan penerpan protokol kesehatan.

"Mengenai vaksinasi, kita bulan ini bisa 60-70 juta vaksin, September kita harap demikian. Bila bisa kendalikan pandemi, pembukaan aktivitas eknomi akan tergantung dari pencapaian vaksinasi, dan implementasi 3T dan 3M," ujarnya dalam konferensi pers, Senin (2/8/2021).

Luhut tidak berbicara secara spesifik mengenai kapan aktivitas ekonomi kembali di buka. Namun dia mengatakan bulan ini akan digenjot proses vaksinasi, sehingga diharapkan September bisa kembali dibuka.

"Bulan Agustus ini penting untuk meningkatkan cakupan vaksinasi untuk melakukan langkah ini sebaik-baiknya dan sedetil-detilnya, penerapan 3M dan 3T agar September bisa dibuka bertahap," imbuhnya.

"Kita berharap bergantung pada pekerjaan mingguan mungkin secara bertahap akan ada yang dibuka," tambahnya.

Luhut juga mengatakan, berdasarkan masukan para ahli pengendalian Covid-19 bertumpu pada 3 pilar, salah satunya meningkatkan vaksinasi harian di wilayah yang menjadi pusat mobilitas dan ekonomi. (*)



Tulis Komentar