Daerah

Bupati Alfedri : Pusako Angka Penularan Rendah, Masyarakat Tetap Patuhi Prokes

SIAK (ANEWS) - Meski angka penularan akibat wabah Covid-19 di Pusako terbilang rendah. Namun Bupati Siak Alfedri tetap mengingatkan warganya untuk tetap mematuhi Protokol kesehatan. Dengan menerapkan lima M pertama mencuci tanggan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi aktivitas.

"Meski angka penularan di Pusako ini hanya satu dua, namun kita jangan lengah. Sore ini saya mengingatkan camat, penghulu untuk memantau warganya, dan mengingatkan tetap prokes,"ujar Alfedri saat menyerahkan bantun masker di Aula Pertemuan, Kantor Camat Pusako, Selasa (24/8/2021) petang. 

Setiap kunjungannya turun ke kecamatan ia selalu mewanti-wanti kepada warga, memutus mata rantai penularan wabah Covid-19. Di butuhkan kesadaran bersama, pemerintah dan masyarakat. 

"Warga harus taat Protes, dan mau di Vaksin, tugas Pemerintah 3T atau tindakan melakukan tes COVID-19 (testing), ini sudah kita mulai kepada ASN, kita minta tes massal mengunakan tes Antigen. penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien COVID-19 (treatment) salah satu upaya utama penanganan COVID-19,"tegasnya. 

Pada kesempatan itu Bupati Alfedri menyerahkan bantuan masker dalam upaya meminimalisir penyebaran Covid-19 ditengah masyarakat. Kali ini pembagian masker diserahkan kepada pengurus dan Jama'ah Mesjid serta Pondok Pesantren dikecamatan Pusako.

"Hari ini kami serahkan masker kepada pengurus Masjid dan pondok pesantren yang ada di Pusako. Nanti masker tersebut bagi-bagikan ke Jamaah dan santri. Salah satu cara yang bisa tetap dilakukan masyarakat agar terhindar dari terpapar virus Covid-19 Ialah dengan tetap konsisten memakai Masker, Mencuci tangan dengan sabun dan air nengalir serta menjaga jarak,"tutupnya.

Camat Pusako Harland Winanda menyampaikan target vaksin di kecamatan Pusako saat ini baru mencapai 30 persen. Ia minta jika pemkab mendistribusikan vaksin untuk Pusako bisa di lebihkan. 

"Masyarakat kami sangat antusias untuk di vaksin. Mereka sering menanyakan ke saya pak kapan jadwal vaksin lagi. Kecamatan Pusako saat inii virus Corona bisa dibilang cukup bisa dikendalikan. Untuk warga yang menjalani perawatan. Terdapat 2 orang dirawat di Rumah Sakit Tengku Rafi'an Siak, 2 orang kita rawat terkoordinir di Asrama Haji dan 9 orang Isolasi Mandiri,"terangnya. (INF)



Tulis Komentar