Daerah

Dewan Kesenian Riau dan Sultan Resto Gelar Gelanggang Pantun

Dewan Kesenian Riau kini bersiap menggelar ajang Gelanggang Pantun. (Foto: Ist-DKR)

PEKANBARU (ANEWS) - Walaupun masih dalam suasana diterpa wabah virus corona, ternyata tidak menyurutkan langkah Dewan Kesenian Riau untuk berkiprah melestarikan seni dan budaya khususnya di Tanah Melayu.

Dalam kaitan itulah, Dewan Kesenian Riau atau DKR sengaja menggelar acara bertajuk Gelanggang Pantun. Tidak tanggung-tanggung dan bekerja sendirian, agar acara Gelanggang Pantun itu makin sukses pihak DKR sengaja berkolaborasi dengan Sultan Resto.

"Seperti yang sudah kita maklumi selama ini, Pantun sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Duni oleh lembaga global UNESCO. Dalam kerangka mengangkat semangat itu, DKR bekerjasama Sultan Resto sengaja menggelar hajat Gelanggang Pantun," ujar Ketua Umum DKR Taufik Hidayat ketika dihubungi Wartawan Amanah News, Sabtu (9/1/2021).

Menurut Taufik Hidayat yang lebih akrab dipanggil Atan Lasak itu, pada 17 Desember 2020, UNESCO telah menetapkan pantun menjadi Warisan Budaya Tak Benda Dunia, dan tentunya selaku masyarakat pendukung karya budaya yang terjaga dari zaman berzaman ini, diperlukan partisipasi dan aksi untuk merayakannya serta mengekalkan pengakuan tersebut. 

"Sebagai rasa sukacita dan upaya semakin memartabatkan khasanah alam Melayu yang keberadaannya sangat penting di negeri ini, DKR  bersama Sultan Resto melakukan kolaborasi dengan menggelar helat yang diberi tajuk Gelanggang Pantun," ucap Atan Lasak. 

Bagi para pecinta pantun yang berminat ikut menyemarakkan Gelanggang Pantun, ini lah tahapan pelaksanaan Gelanggang Pantun yang bakal dihelat: 

1. Tahap I: Seleksi Gelanggang Pantun, 15 Januari 2021 (Daring)

2. Tahap II: Final Gelanggang Pantun, 17 Januri 2021 (Luring)

Sedangkan Syarat dan Ketentuan:

1. Peserta adalah warga yang berdomisili di Provinsi Riau, berusia antara 20 sampai 45 tahun yang dibuktikan dengan KTP.

2. Peserta adalah perorangan yang bersedia mengikuti rangkaian pelaksanaan baik secara daring maupun luring.

3. Peserta harus follow Instagram dewan_kesenian_riau dan Sultan Resto.

4. Pada tahap pertama, seluruh peserta bertarung pantun secara online hingga terseleksi sejumlah 6 (enam) orang untuk ke tahap II (final).

5. Peserta wajib mendaftarkan diri selambatnya tanggal 13 Januari 2021 melalui email: Kepada: [email protected] Subjek: Peserta Gelanggang Pantun Isi Pesan: Nama, Nomor HP dan Nomor WhatsApp Lampiran: Foto KTP

6. Setelah syarat kepesertaan diterima dan diverifikasi oleh panitia, peserta akan mendapatkan link zoom Gelanggang Pantun yang dikirim panitia ke nomor WhatsApp peserta.

7. Teknis di tahap I, masing-masing peserta akan dipertemukan satu lawan satu dengan sistem gugur. Peserta menyiapkan dua buah pantun jual dan bersiap untuk membeli dua buah pantun dari peserta lawan.

9. Tema pantun berkisar tentang kesenian dan kebudayaan Melayu.

10. Pilihan kata dalam bait pantun mencerminkan khasanah budaya Melayu/Indonesia, dan tidak menggunakan bahasa popular/prokem.

11. Jenis pantun empat baris dalam satu bait.

12. Batas waktu menjual dan membeli pantun selama 15 (lima belas) detik, ditandai bunyi gong.

13. Peserta Gelanggang Pantun tahap I dibatasi hanya 30 orang (maksimal).

14. Kriteria penilaian meliputi penampilan, ketepatan, kecepatan, dan estetika.

15. Peserta menggunakan pakaian Melayu.

16. Peserta diharapkan mampu memastikan signal sudah sangat bagus. Apabila terjadi gangguan yang berasal dari peserta, tidak dilakukan pengulangan dan peserta dianggap gugur.

17. Pada tahap kedua, sejumlah 6 (enam) peserta bertarung secara  luring/offline di Sultan Resto Jl. Ronggo Warsito No. 12 Pekanbaru.

18. Panitia tidak menanggung akomodasi dan transportasi peserta.

19. Peserta harus hadir di acara final satu jam sebelum dimulai dengan  menggunakan pakaian Melayu serta memakai masker.

20. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

21. Hal-hal terkait Gelanggang Pantun yang memerlukan informasi lanjutan silahkan menghubungi panitia. CP DM Ningsih (0853-5571-6448) dan Siti Salmah (0813-7189-0115). (ZET)



Tulis Komentar