Peserta Upacara Pakai Masker

HUT ke 62 Provinsi Riau Digelar Di Tengah Kabut Asap

Peserta upacara HUT ke 62 Provinsi Riau terpaksa memakai masker karena Kota Pekanbaru kini diselimuti kabut asap, Jumat (9/8). (Foto: net/anews)

PEKANBARU, ANEWS - Di usianya yang ke-62 tahun, Provinsi Riau belum bisa lepas dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kebakaran itu menyebabkan beberapa wilayah di Bumi Lancang Kuning ini dilanda kabut asap.

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 tahun 2019 Provinsi Riau pun digelar di tengah kabut asap di halaman kantor Gubernur Riau di Pekanbaru, Jumat (9/8/2019).

Pada HUT kali ini, pemerintah mengusung tema "Riau Hijau Bermartabat". Tapi, sebaliknya kabut asap karhutla justru menyelimuti peserta upacara.

Ratusan peserta upacara terpaksa mengenakan masker, karena kabut asap cukup pekat pagi itu.

Upacara diikuti Gubernur Riau Syamsuar dan Wakilnya Edy Natar Nasution, bersama jajaran pemerintah provinsi dan Kota Pekanbaru.

Kemudian peserta juga ada dari kalangan anak sekolah, dan perwakilan masyarakat, yang seluruhnya mengenakan pakaian adat Melayu.

Syamsuar dalam sambutannya mengatakan, peringatan hari jadi ini menjadi bukti perjalanan Provinsi Riau yang telah mencapai usia ke-62 tahun. Makna dari hari jadi ini membawa kita mengenang kembali untuk melihat wajah Provinsi Riau pada masa lalu, masa kini, dan masa depan.

"Agar kita tidak salah haluan dan tujuan, termasuk untuk menjaga keseimbangan alam dan lingkungan yang menjadi isu strategis di dunia internasional dewasa ini seperti perubahan iklim, global warming, pembangunan berwawasan lingkungan dan lain-lain," kata Syamsuar.

Untuk itulah, tema yang diusung [ada peringatan hari jadi ke-62 Riau ini, yaitu "Riau Hijau dan Bermartabat", sejalan dengan perlunya merawat lingkungan sebagai sumber kehidupan manusia, khususnya masyarakat adat yang hidup tunak di beberapa desa dalam wilayah Provinsi Riau.

"Karena itu tema hari jadi ke-62 Provinsi Riau dipadupadankan dengan Visi Riau 2019-2024 yaitu, terwujudnya Riau yang Berdaya Saing, Sejahtera, Bermartabat dan Unggul di Indonesia (Riau Bersatu)," kata Syamsuar. (zet)



Tulis Komentar