Tingkatkan Ekonomi Meranti Membaik

Febriady Asmara : Bank di Meranti Harus Mampu Melindungi Kepentingan Konsumen dan Masyarakat

Kepala Bagian Ekonomi Sektariat Daerah (Kabag) Ekonomi Febriady Asmara. (BOM/ANEWS)

MERANTI ANEWS - Upaya Pemerintah Daerah Khususnya dalam mengatasi kondisi Ekonomi Nasional di Kepulauan Meranti Riau, telah mendata semua Usaha Kecil Menegah di Meranti guna memberikan dorongan ekonomi agar maju usaha berjalan membaik berkerjasama dengan Bank di Wilayah Kerjanya.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Ekonomi Sektariat Daerah (Kabag) Ekonomi Febriady Asmara kepada media ini Rabu (13/10/2021) di ruang kerjanya.

Ia menyampaikan bahwa terhadap Program Pemulihan Ekonomi Nasional dengan memberdayakan Bank sebagai Pembangunan Daerah tentunya sangat harus baik dan sudah berjalan sesuai tupoksi dan harus mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

Selain itu, di Provinsi Riau sendiri sudah membuat Aplikasi Khusus, untuk mendata semua Usaha Kecil Menegah (UKM) sebagai alat untuk mengukur valitidasi data bagi UMKM dan harus wajib mengajukan bantuan kepada pihak swasta Perbankan. Sedangkan Pemerintah Kepulauan Meranti lewat Bidang Ekonomi Sektariat Daerah, hanya mengikuti Instruksi tersebut, dan memfasilitasi bersama Disprindagkof Meranti.

"Kita tahu sendiri masalah data ini terus disempurnakan sehingga penyaluran untuk program di bidang ekonomi dan UMKM akan dilaksanakan di tahun 2021 ini, terutama yang divalidasi adalah Data Nomor Induk Kependudukan atau NIK,"kata Kepala Bagian Ekonomi Sektariat Daerah (Kabag) Ekonomi Febriady Asmara.

Di sisi lain, jelasnya, dalam mendapatkan bantuan, tentunya pihak Unit Usaha Kecil Menengah (UMKM), harus siap membantu mereka, kami di Bidang Ekonomi hanya memfasilitasi kepada Perbankan agar dapat Prioritas Jasa Keuangan Kredit Usaha Rakyat (Kurs) dengan baik.

" Mulai dari Tingkat Provinsi Riau, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Perbankan juga pinjaman uang usaha yang baru kita hanya fasilitasi, dengan ada data pinjaman baru dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maka diusulkan di Bank dan untuk pembinanan oleh Disprigdagkof dan UKM Meranti, intinya Bidang Ekonomi hanya fasilitasi permodalan mereka," jelas Febriandi.

Ia juga mengatakan, bahwa dalam meningkatkan lapangan kerja, khususnya untuk desa yang bisa punya akses keuanganya kredit usaha, yang sudah tetapkan oleh Gubri Riau sebagai Desa Percontohan Hanya satu Desa yakni Desa Alah Air.

" Tentunya dengan berjalan Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan Asurasi Produk Pertanian, ada yang rusak padinya misalnya, ada asuransi oleh OJK dan sudah ada fasilitator untuk membina produksi oleh kelompok petani agar membaik dan Produk UMKM yang disalurkan Disprigkap dan UKM juga membaik," jelas Febriandi.

Ia berharap, dengan meningkatkan Ekonomi Primer dan Skunder dalam pemulihan Ekonomi Nasional di Kepulauan Meranti Riau, Sudah ditetapkan Secara Nasional Kredit Usaha Rakyat itu Berada di Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank Riau harus benar- benar berpihak kepada rakyat dan membantunya dengan baik karena ini sudah termasuk dalam Percepatan akses keuangan daerah, dan keuangan biar berjalan dengan baik.

" Intinya, kita inginkan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dibentuk dengan tujuan agar keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan: Terselenggara secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel, mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, dan mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat," kata Febriandi.

Sementara itu, saat di konfirmasi Plt .Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Syahril menyampaikan bahwa dalam mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional kita telah menghidupkan Usaha Kecil Menegah (UMKM) di Meranti sebagai garda terdepan dalam pemulihan ekonomi.

" Saat ini sedang berjalan dengan baik, semua telah kami data dan di berikan sebagian bantuan lewat Bank yang telah membantu ekonomi kecil untuk tetap exsis di Meranti dan bisa bertumbuh dengan pesat agar ekonomi di Kepulauan Meranti meningkat dengan drastis," ucap Syahril.(BOM)



Tulis Komentar