Daerah

Gubri Syamsuar Resmikan Pesantren di Pulau Terluar Indonesia

Gubri Syamsuar meresmikan Pesantren AL Hidayah Baznas Riau yang terletak di Pulau Terluar Indonesia, Rupat, Bengkalis yang berbatasan langsung dengan Malaysia. (F:ist-ANEWS)

BENGKALIS (ANEWS) Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada peresmian Pondok Pesantren (Ponpes) Al Hidayah Basnaz Riau, pada Jumat (3/12/2021). Pesantren ini terletak di pulau terluar Indonesia, di Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Riau, yang berbatasan langsung dengan  Malaysia.

Dalam sambutannya, Gubri menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mendukung hal yang berkenaan dengan peresmian Pondok Pesantren di Provinsi Riau.

"Saya melihat potensi orang Bengkalis ini besar dulu pernah ada yang mengikuti mengaji hingga tingkat internasional. Namun, perlu didukung sarananya (seperti pondok pesantren ini)," kata Gubri.


Untuk itu, melalui peresmian Pondok Pesantren Al Hidayah Basnaz Riau ini, Gubernur Syamsuar mengharap dapat mengedukasi masyarakat khususnya di daerah pesisir di Pulau Rupat ini.

Karena, menurutnya beberapa daerah pesisir di Provinsi Riau menjadi sarana masuknya narkoba yang patut untuk diwaspadai. Sehingga perlu, perhatian bagi masyarakat sekitar agar lebih memperhatikan masa depan khususnya generasi muda.

Dalam kesempatan tersebut, Gubri juga mengajak masyarakat khususnya yang di Pulau Rupat untuk membayar zakat. Karena membayar zakat sebagai upaya pembersihan harta.

"Selain itu, pengumpulan zakat terhadap petani-petani kita ini juga perlu di tingkat, dengan melakukan kampanye zakat," tuturnya.


Sementara itu, Ketua Baznas, Noor Achmad mengapresiasi dilakukan pembangunan pondok pesantren di daerah perbatasan seperti di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau ini.

"Alhamdulillah izin terhadap bangunan pesantren ini juga langsung dikeluarkan," ucap Ketua Baznas ini.

Noor Achmad berharap, masyarakat serta tokoh-tokoh masyarakat dapat memelihara pondok pesantren ini agar dapat berkembang, sehingga Baznas bisa memasukkan program ekonomi pesantren. Bertujuan untuk memberikan dampak ekonomi khususnya di lingkungan pesantren.(*)


 



Tulis Komentar