Daerah

Mushola Almutmainnah Berganti Status jadi Masjid, Bupati HM Adil : Mari Tingkatkan Ibadah

Bupati Meranti H Muhammad Adil SH berfoto bersama saat peresmian Mushola Almutmainah menjadi Masjid Almutmainah. (F:BOM/ANEWS)

MERANTI (ANEWS) - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH Resmikan Mushola Almutmainah Menjadi Masjid Almutmainah Acara tersebut dilaksanakan oleh Jalan Nusa Indah Kampung Baru Kelurahan Selatan, Jum'at(3/11/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekda Meranti H Kamsol, Asisten I Irmansyah, Direktur RSUD Dr Suhadi, Kadis Perikanan Eldi, PLT Pertanian, Kakan Kemenag H Sulman, Ketua MUI H Mustafaz Bhabinkamtibmas Solehudin, Camat Tebingtinggi Ratna Juwita Sari, Ketua Pamsomsel Zainuddin, PLT Kadis Perhubungan Nurdin Srijaya, Kalaksa BPBD Rizki Hidayat, Kabag Hukum Sudandri, Kasubag Protokol Hermansyah, Lurah Selatan Pengurus Mushola, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Jama'ah Musholla Almutmainah.

Selaku pengurus Mushola Harfilin menyampaikan bahwa, kami selaku pengurus dan masyarakat berterima kasih kepada Bupati Meranti H Muhammad Adil SH akhirnya Mushola Almutmainah ini menjadi Masjid dan semoga kita semua bisa menjalani ibadah dengan baik lagi, kami sangat berharap sungguh agar sama-sama kita isi karna statusnya sudah menjadi Masjid. 

Dalam sambutannya H Muhammad Adil selaku Bupati Meranti mengatakan bahwa, Masjid adalah tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran strategis dalam pertumbuhan peradaban umat Islam. Masjid bukan hanya sebagai tempat menunaikan Ibadah Shalat, tetapi juga berperan sebagai pusat pendidikan dan penyebaran
syiar Islam. 

Bahkan Masjid pada masa Rasulullah, disamping digunakan sebagai tempat menyelesaikan berbagai persoalan umat, juga menjadi pusat pemberdayaan masyarakat. Peran dan fungsi masjid di tengah umat sebenarnya tidak pernah berubah dalam berbagai situasi dan kondisi umat dari dulu sampai sekarang. Akan tetapi, faktor keterbatasan dan kelemahan umat islamlah yang menyebabkan tidak semua masjid yang dibangun berfungsi lebih dari sekedar tempat ibadah.

Dalam kesempatan ini untuk memakmurkan Masjid yang dengan suka cita kita bangun, karena upaya memakmurkan Masjid merupakan bagian dari tanda-tanda orang yang beriman kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Firman Allah dalam surat At-taubah ayat 18 yang artinya: Hanyalah yang memakmurkan Masjid-masjd Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.

"Marilah kita kembali ke Masjid, dalam arti membina kehidupan sebagai pribadi, keluarga dan umat agar selalu terpaut dengan Masjid sebagai "Rumah Alah" yang memancarkan nilai kesucian, kebenaran, ketundukan jiwa kepada Al-khalik, serta kesetaraan derajat manusia. Untuk itu kami juga berpesan, agar keberadaan masjid ini hendaknya benar-benar dapat difungsikan secara optimal sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh warga Kampung Baru dan sekitarnya", katanya H Muhammad Adil SH.

"Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Akhirnya, seraya masyarakat bermohon ridho dari Allah SWT, dengan mengucapkan; "Bismilahirrahmanirrahim, Masjid Al Mukmin, Kami Nyatakan Resmi Digunakan. Anak santriwan memakai sorban, Setiap saat membaca A-Quran, Masjid Al Mukmin kita resmikan Sebagai pusat ibadah dan juga pendidikan. Terima kasih atas segala perhatian, mohon maaf atas segala kekurangan", ujarnya H Muhammad Adil SH.

"Saya harapkan kalau ngaji jangan mutar kaset kalau bisa betul-betul kita yang ngaji, perbanyak belajar membaca Alquran dan ini berlaku kepada semua Masjid/Mushola yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti", akhirnya H Muhammad Adil SH.

Kemudian acara diakhiri dengan pembacaan Do'a bersama oleh Ketua MUI H Mustafa dan Selesai Sholat Jum'at akan melakukan pembukaan papan nama baru berlogokan Masjid Almutmainah.(BOM)



Tulis Komentar