Daerah

Mulai Beroperasi Hari Ini, Gubri Syamsuar Ikuti Tes Swab Perdana dengan Mobil Lab PCR Bantuan Kemendagri

Gubernur Riau H Syamsuar menjadi orang yang pertama melakukan test swab PCR di Mobil Laboratorium Polymerase Chain Reaction Test Kemendagri, Senin (6/12/2021).(F:ist-ANEWS)

PEKANBARU (ANEWS) - Mobil Laboratorium Polymerase Chain Reaction Test (PCR) COVID-19 bantuan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI yang diterima Pemerintah Provinsi Riau pada Sabtu (4/12/2021) lalu, hari ini Senin (6/12/2021) sudah mulai dioperasionalkan. Gubernur Riau Drs Syamsuar mendapat giliran awal untuk melakukan tes Swab perdana yang dilaksanakan di halaman Gedung Daerah Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru. 

Selain gubri terdapat pula 24 orang pegawai di lingkungan Pemerintah provinsi Riau yang ikut melakukan pemeriksaan tes swab PCR, termasuk para pejabat lainnya di lingkungan Pemprov Riau. 

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan provinsi Riau, dr Yohanes, mobil bantuan Kemendagri itu dalam satu kali proses pemeriksaan, mampu memeriksa 24 sampel tes swab PCR. Kemudian, hasilnya bisa diketahui dalam kurun waktu, 1 jam 30 menit. 

"Operasional mobil Laboratorium PCR nantinya akan dilaksanakan secara mobile di kabupaten dan kota yang belum memiliki Laboratorium PCR. Selain itu, untuk daerah yang mengalami lonjakan kasus Covid-19. Proses pemeriksaan sample lebih cepat, yakni 1 Jam 30 menit," kata dr Yohanes. 

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan syaratnya memiliki kartu identitas dan surat keterangan dari puskesmas," terang dr Yohanes. 

Sementara, Kepala Biro Umum Kementerian Dalam Negeri, Heru Cahyono, menyampaikan, hadirnya mobil laboratorium PCR ini diharapkan bisa membantu pemeriksaan sample swab di daerah, khususnya di daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia. 

"Mobil ini telah ditempatkan di Kalimantan Barat dan Riau. Hasil Proses pemeriksaannya lebih cepat. Semoga kehadiran mobil PCR ini bisa membantu pemeriksaan sample swab di daerah, khususnya di perbatasan negara tetangga," ujar Heru Cahyono. 

Gubernur Riau, H Syamsuar, mengucapkan terima kasih kepada Menteri Dalam Negeri. Diharapkan Mobil Lab PCR ini dapat dimanfaatkan hingga ke daerah-daerah terutama daerah pelabuhan keluar masuk orang yang datang, Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Mengkapan Siak, termasuk juga bandara. Selain itu, mobil Lab PCR ini juga dapat ditempatkan di daerah-daerah yang kasus positifnya tinggi. 

"Harapan kami kepada masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan, apalagi saat ini varian baru Omicron sudah sampai ke Malaysia dan Singapura. Saya mengharapkan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk senantiasa mengawasi pelabuhan-pelabuhan dan pintu masuk yang bisa menimbulkan penularan Covid-19 yang baru," kata Syamsuar. 

Mobil Lab PCR ini tiba di halaman Gedung Daerah Riau, pada Sabtu (4/12/2021). Fasilitas yang dimiliki mobil ini adalah, fasilitas ruang pemeriksaan swab, ruang specimen, ruang amplifikasi, dan ruang genset. 

Sementara, status mobil ini masih dalam status pinjam pakai. Administrasinya masih menunggu persetujuan hibah dari Kementerian Keuangan RI. Namun demikian, mobil ini sudah bisa dioperasionalkan sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat Provinsi Riau. (*)
 



Tulis Komentar