Daerah

Buku Panduan Kementerian PUPR Masukkan Siak sebagai Daerah Percontohan Kota Pusaka

Kota Siak yang menjadi salah satu daerah percontohan Kota Pusaka daam buku panduan di Kementerian PUPR. (F:ist-ANEWS)

SIAK (ANEWS) - Kota Siak Sri Indrapura di Kabupaten Siak masuk sebagai salah satu daerah percontohan Kota Pusaka dalam buku panduan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tentang pelaksanaan dan pemeliharaan kota pusaka di Indonesia.

Selain Kota Siak Direktorat Bina Teknik Kementerian PUPR juga menempatkan lima kota lainnya sebagai daerah percontohan Kota Pusaka.

“Ada lima proyek percontohan lainnya yakni Kota Semarang, Yogyakarta, Jakarta, Sawahlunto, Jakarta dan Siak,” demikian ungkap Kepala Balai Prasarana dan Permukiman Wilayah Riau, Ichwanul Ichsan di Siak, Rabu (24/11/2021).

Kategori kota percontohan ini disematkan pada Kota Siak sebutnya karena dianggap berhasil dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan maupun tindak lanjut dari program kota pusaka.

Bahkan lanjut Ichwanul Ichsan Siak termasuk sangat berhasil dalam program pusaka, karena dari tidak begitu tergantung dengan anggaran pendapatan belanja negara.

Program kota pusaka menurutnya APBN hanya membantu di perencanaan dan untuk fisik hanya revitalisasi Tangsi Belanda. Tapi pemerintah kabupatennya sudah mengupayakan restorasi kota pusaka melalui dana tanggungjawab sosial perusahaan dan anggaran pendapatan belanja daerah dalam membangun dan memelihara.

Memang menurutnya yang masih menjadi pekerjaan rumah kawasan Pecinan yang terbakar. Namun sayang kebakaran yang terjadi pada tahun 2018 yang sampai saat ini tak kunjung dibangun kembali.

“Tindaklanjutnya mungkin akan mengarah ke sana (membangun Pecinan). Untuk mengupayakan anggaran tergantung kabupaten/kota, berdasarkan usulan dari kabupaten lah itu prosesnya,” ujarnya.

Buku ini kata Ichwanul Ichsan nantinya akan menjadi buku panduan pedoman bagi kabupaten lainnya yang ingin mengikuti program kota pusaka itu bisa belajar di Siak.(INF)
 



Tulis Komentar