Daerah

Bupati HM Adil Tinjau Uji Kelayakan dan Bongkar Muat Kapal KMP Tirus Meranti di Roro Insit

Bupati Meranti H Muhammad Adil SH Hadir dalam acara Uji Kelayakan dan Bongkar Muat di Pelabuhan Roro Insit Kapal KMP Tirus Meranti Kecamatan Tebingtinggi Barat, Selasa ((21/12/2021).(F:BOM/ANEWS)

MERANTI (ANEWS) - Bupati Meranti H Muhammad Adil SH Hadir Dalam Acara Uji Kelayakan dan Bongkar Muat di Pelabuhan Roro Insit Kapal KMP Tirus Meranti Kecamatan Tebingtinggi Barat, Selasa (21/12/2021)

Turut hadir dalam acara tersebut, Andi Yanto Kelapa Perhubungan Provinsi, Riskan Efendi, Managajer Produksi, Wakapolres Meranti Robert, Danposal Selatpanjang Jery Hendra, Danramil 02 Suratno, Asisten I, Camat Tebing Tinggi Barat Saprizal, PLT Perhubungan Nurdin, Ketua MUI H Mustafa SAg MM, Kasat Pol-PP Masdiana, Camat Tebing Tinggi Ratna Juwita Sari, Kepala Desa Insit, Para Pejabat Dilingkungan Pemkab Meranti, Anggota DPRD Panduman Siregar.

Acara dimulai dengan pembacaan Do'a oleh Ketua MUI H Mustafa SAg MM dan dilanjutkan dengan sambutan Bupati Meranti H Muhammad Adil SH mengatakan bahwa, Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, kami menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat yang telah hadir memberikan pelayanan transportasi kepada
masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti yang yang setingg-tingginya kepada merupakan daerah perbatasan Republik Indonesia melalui penyediaan Kapal Penyeberangan KMP Tirus Meranti.

Dalam rangka mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Meranti, aksesibilitastransportasi antar pulau memiliki peran penting sebagai urat nadi perekonomian. Transportasi merupakan sarana yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan pembangunan terutama dalam mendukung kegiatan perekonomian masyarakat tak terkecuali daerah perbatasan seperti Kabupaten Kepulauan Meranti.

Sistem transportasi yang baik harus didukung dengan ketersediaan sarana dan prasarana transportasi berkeselamatan. Keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah sehingga membutuhkan kerjasama dan dukungan antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi dan yang aman, nyaman dan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan. 

Dukungan sarana dan prasarana transportasi yang memadai telah diberikan oleh Kementerian Perhubungan melalui penyediaan armada kapal penyeberangan KMP Tirus Meranti yang nantinya dapat digunakan untuk melayani kebutuhan masyarakat dalam melakukan aktifitas perpindahan orang dan juga barang antar pulau di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Berkenaan dengan hari jadi Kabupaten
Kepulauan Meranti ke 13 tahun yang baru saja kita rayakan. Kehadiran KMP Tirus Meranti ini menjadi hadiah spesial untuk seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti. Hal ini menandakan kebangkitan perekonomian melalui ketersediaan pelayanan transportasi berkeselamatan sebagai penunjang kegiatan masyarakat sehari-hari sehingga visi misi Bupati dapat terwujud dalam menciptakan masyarakat Kepulauan Meranti yang maju, cerdas dan bermartabat.

Kedepan, dengan kehadiran KMP Tirus Meranti hendaknya dapat melayani penyeberangan antara pulau Tebing Tinggi di Pelabuhan Penyeberangan Desa Insit menuju Pulau Rangsang di Pelabuhan Penyeberangan Pecah Buyung yang biaya operasionalnya jugadapat disubsidi oleh Kementerian Perhubungan melalui skema angkutan penyeberangan perintis.

Alhamdulillah saat ini telah tersedia angkutan
penyeberangan dari Rangsang Tebingtinggi-Pakning yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Kepulauan Meranti dan sekitarnya. Pada tahun 2022 juga akan dibuka penyeberangan dari Kepulauan Meranti menuju Dumai atas usulan Pemerintah Daerah. 

Kedepan kami berharap dapat terbuka akses penyeberangan dari Kepulauan Meranti menuju Tanjung Balai Karimun dan Batam Provinsi Kepri juga melalui skema angkutan perintis sehingga dapat mermbuka keterisoliran Kabupaten Kepulauan Meranti dari daerah lain.

Dengan kehadiran kapal KMP Tirus Meranti kami berharap uji sandar dan uji muatan ini dapat berjalan dengan lancar dan selamat sehingga kapal ini dapat segera beroperasi melayani masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti. Serta mampu mendorong terciptanya lapangan kerja yang dapat menyerap SDM lokal yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kemudian acara diakhiri dengan menabur beras kunyit serta memontong tali pita dan langsung mengecek kondisi Kapal KMP Tirus.(BOM)



Tulis Komentar