Daerah

Peringati Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia, Riau Tanam 3.000 Bibit Pohon

Pekanbaru (ANews) – Memperingati Hari Gerakan Menanam Sejuta Pohon Sedunia yang jatuh pada setiap 10 Januari, Forkopimda Provinsi Riau dan masyarakat Riau secara simbolis menanam sebanyak 3.000 bibit pohon dan buah di Jalan Palembang, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Senin (10/1/2022).

Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Riau dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPDASHL KLHK) Indragiri Rokan bersama Forum Komunikasi Masyarakat Piaman Indonesia (FKMPI) Riau.

Hadir dalam kegiatan tersebut Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPDASHL KLHK) Indragiri Rokan, UPT Benih Dinas LHK Prov. Riau, Walikota Pekanbaru, Kasrem 031/Wirabima, Perwakilan Danlanud Roesmin Nurjadin, Kejaksaan Tinggi Prov. Riau, Wakapolres Pekanbaru, Forkopimda Provinsi Riau, Forkopimda Kota Pekanbaru, Camat dan Lurah se-Kota Pekanbaru, Ketua FKMPI Riau, Ketua FKMPI Kota Pekanbaru dan Ketua Apernas Jaya serta tamu undangan lainnya.

Penanaman secara simbolis 3.000 bibit pohon dan buah berada di lahan milik Helmi, SH tepatnya di Perumahan Alam Kulim Permai, Jl. Belimbing, Tenayan Raya, Pekanbaru. Gerakan menanam sejuta pohon dilakukan sebagai bagian dari program upaya pelestarian dan penghijauan lingkungan.

Forkopimda Riau bersama Forkopimda Kota Pekanbaru yang kali ini diwakili oleh Wakapolres Pekanbaru, AKBP Henky Poerwanto, dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan penanaman pohon yang akan di lakukan dalam rangka memperingati Hari Gerakan Sejuta Pohon Dunia.

"Alam di Indonesia ini butuh penghijauan, seluruh wilayah bahkan di dunia pada hari ini tepatnya pada tanggal 10 Januari dijadikan sebagai hari penanaman pohon sedunia," ungkap Henky. 

Henky Purwanto membeberkan bahwa Hari Sejuta Pohon Sedunia yang diperingati pada 10 Januari ini berawal dari inisiatif warga dunia. Bergunanya untuk menyadarkan masyarakat luas tentang pentingnya peran pohon yang sangat berguna bagi kehidupan makhluk hidup di dunia.

“Bahwa dengan menanam pohon itu nanti akan berguna kepada mereka kelak,” ungkapnya. 

Ia juga menambahkan bahwa dengan menanam pohon merupakan langkah sederhana untuk mencegah perubahan iklim.

"Kita tahu bahwa bumi kita dilapisi oleh atmosfer dan kehadiran pohon sangat diperlukan untuk proses fotosintesis. Dan diharapkan juga ini sebagai penghijauan, penyeimbang antara sirkulasi oksigen dan karbondioksida," ungkapnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Forum Komunikasi Masyarakat Piaman Indonesia (FKMPI) Riau, Kusnadi Chan mengungkapkan, FKMPI Riau beserta jajarannya akan selalu mendukung program program dari pemerintah Provinsi Riau, salah satunya Program Riau Hijau. 

"Kegiatan ini merupakan upaya mendukung program Pemerintah Provinsi Riau. Program Riau Hijau yang merupakan upaya strategis dalam upaya optimalisasi pengelolaan Sumber Daya Alam dan mensejahterakan masyarakat," ungkap Kusnadi Chan. (*)



Tulis Komentar