Daerah

Kaprodi dan Dosen PBSI FKIP UIR Laksanakan PKM

Dosen dan mahasiswa PBSI FKIP UIR foto bersama usai pelaksanaan kegiatan PKM di SMAN 3 Siak Hulu. (F:ist-ANews)

PEKANBARU (ANews) - Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau (PBSI FKIP UIR) Desi Sukenti, S.Pd., M.Ed bersama beberapa dosen PBSI FKIP UIR; Alber S.Pd., M.Pd, Dr. Asnawi S.Pd serta salah satu dosen Fakultas Agama Islam, Syahraini Tambak M.A melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang berjudul Penilaian Berbicara Bagi Guru-Guru MGMP SMP Negeri Bahasa Indonesia Kota Pekanbaru pada Jumat 26 November 2021. 

"Kegiatan PKM yang kami lakukan guna meningkatkan penilaian berbicara  yang meliputi penilaian guru, penilaian diri dan penilaian kawan serta indokator penilaian berbicara bagi guru-giuru bahasa Indonesia se-Pekanbaru," ujar Desi Sukenti.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat juga dilakukan oleh beberapa dosen PBSI FKIP UIR lainnya, Drs. Supriyadi, M.Pd juga melakukan kegiatan PKM di SMAN 3 Siak Hulu dengan judul Lokakarya Debat Bahasa Indonesia Bagi Siswa SMAN 3 Siak Hulu, pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan debat siswa SMAN 3 Siak Hulu. "

Peningkatkan kemampuan debat bagi siswa perlu dilakukan karena siswa SMA sudah harus memiliki kemampuan debat sesuai dengan kaidah yang tepat," ungkap Supriyadi.

Selain dua kegiatan PKM yang dilakukan tadi, dosen PBSI FKIP UIR lainnya yang juga melaksanakan kegiatan PKM ialah Dr. Erni, M.Pd yang berjudul Latihan dan Tutorial Dalam Rangka Optimalisasi Penilaian Diri (Self Assesment) Berbasis Google Form Bagi Guru-Guru di SMP Nurul Falah Kulim Pekanbaru. Ia mengungkapkan bahwa kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan untuk merancang dan memanfaatkan teknologi guna melakukan penilaian diri. 

"Diharapkan kegiatan PKM ini dapat meningkatkan kemampuan guru yang masih sulit dalam merancang penilaian diri kepada siswa berbasis google form," ungkap Erni.

Desi berujar bahwa mahasiswa juga ikut dilibatkan dalam kegiatan PKM yang dilaksanakan selama ini, hal ini guna memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam kegiatan kemasyarakatan. 

"Kami juga mengajak mahasiswa dalam kegiatan PKM ini untuk dapat membantu setiap kegiatan yang dilakukan oleh dosen agar mahasiswa juga dapat ikut dan memberikan pengalaman bagi mereka," ujar Desi.

Zaldi Aldika salah satu mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini juga memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. 

"Kami mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini sangat senang dan memberikan apresiasi kepada ibu bapak dosen yang telah mengajak kami dalam berbagai kegiatan karena kami mendapat pengalaman lebih dalam kegiatan yang langsung berhubungan kepada masyarakat," tandas Zaldi Aldika yang kerap disapa Zaldo. (DIAN)



Tulis Komentar