Daerah

Syukuran HUT ke-41 Satpam di Riau, Wakapolda: Satpam Bantu Peran Polisi Jaga Keamanan Wilayah

Foto bersama Wakapolda Riau saat syukuran HUT ke-41 Satpam di Hotel Pangeran, Rabu (2/2/2022). (F:JAF/ANews)

PEKANBARU (ANews) - Wakapolda Riau, Brigjen Pol Tabana Bangun Msi mengatakan kinerja kepolisian sangat terbantu dengan adanya satuan pengamanan (Satpam) yang bertugas menjaga keamanan di wilayahnya masing-masing.

"Satpam telah mampu berkinerja secara optimal selama ini dalam membantu Polri dan banyak memberikan informasi terkait lingkungan permasalahan di bidang tugasnya masing-masing," ujar Wakapolda Riau, Brigjen Pol Tabana Bangun Msi dalam sambutannya pada acara Syukuran HUT Satpam ke-41 yang digelar di Hotel Pangeran, Rabu (2/2/2022).

Demi menunjang tugas-tugas di bidang pengamanan, kata Wakapolda satpam tentunya selama ini sudah dibekali dengan pendidikan dasar baik di jenjang Gada Pratama, Gada Madya maupun Gada Utama.

"Tentunya dengan dasar pendidikan tersebut dalam rangka menjalankan tugas-tugas pengemban kepolisian terbatas diharapkan mampu menghadapi setiap tantangan tugas di lingkungan kerjanya," sebutnya.

"Oleh karena itu, saya menilai tema peringatan HUT Satpam ke-41 yaitu bersama Polri Satpam siap menjaga Kamtibmas dan penanggulangan Covid-19 sangat tepat," imbuhnya.

Lanjut Wakapolda, adapun fokus lainnya yang tak boleh diabaikan adalah peningkatan hubungan komunikasi dan koordinasi antar Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP) dengan satuan wilayah kepolisian maupun antar anggota satpam dengan petugas kepolisian

"Bentuk koordinasi dan kerjasama tersebut dapat dilakukan dalam berbagai hal, baik itu sifatnya taktis maupun teknis sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi petugas satpam itu sendiri," ugkapnya.

Pada kesempatan ini Wakapolda menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada seluruh personel satpam dimanapun bertugas.

"Selama ulang tahun kepada seluruh personel satpam. Saya mengajak peringatan ini dapat dijadikan sebagai sarana melakukan introspeksi guna pelaksanaan tugas kinerja yang akan datang," ucapnya.

"Walaupun situasi saat ini terdapat pandemi di wilayah kita, kita tetap melakukan syukuran HUT satpam secara sederhana dengan tetap menerapkan Prokes," sambungnya.

Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) Riau, Edi Darmawi mengatakan pelaksanaan HUT Satpam ke-41 serentak di seluruh Indonesia yang dipusatkan di Jakarta.

"Jadi memang untuk hari ini pelaksanaan HUT Satpam juga digelar di berbagai daerah di Indonesia. Abujapi menyampaikan ucapan selamat Ulang tahun untuk Satpam ke-41," ujar Edi Darmawi.

Dikatakan Edi Darmawi, untuk hari ini Abujapi Riau juga melakukan penandatanganan MoU dengan 3 instansi yaitu BTN, BPJS Ketenagakerjaan dan juga Himpunan Pengembang Pemukiman Dan Perumahan Rakyat (Himpera) dalam pelaksanaan pembangunan rumah satpam.

"Ini adalah salah satu langkah yang dilakukan Abujapi untuk bagaimana para satpam bisa memiliki rumah dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh instansi terkait tersebut," ungkapnya.

Edi Darmawi juga mengatakan saat ini di Riau masih ditemukan BUJP yang menggaji Satpam dibawah UMK atau UMP.

"Ini tentu menjadi Pekerjaan Rumah (PR) kita bersama, karena banyak kendala dan faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Bisa juga faktor dari nilai kontrak yang rendah, jadi itu juga kita lihat," ungkapnya.

Selanjutnya juga faktor pandemi yang memungkinkan Satpam mendapatkan upah di bawah standar.

"Mungkin yang biasanya Satpam kerja itu 8 jam, bisa jadi 4 jam karena adanya pembagian shift. Atau yang biasanya kerja itu full satu bulan, karena pandemi ini kerjanya hanya 15 hari saja. Jadi memang banyak faktornya," pungkasnya.

Pada acara syukuran ini, juga diberikan penghargaan kepada 3 Satpam berprestasi yang dinilai mampu menjalankan tugasnya dengan baik. (JAF)


 



Tulis Komentar