Daerah

Kuansing Meriahkan Olek Godang Melokek Golar Rang Sumando 'Panglimo Kayo' Brigjen TNI M Syech Ismed

Brigjen TNI M Syech Ismed SE, M Han didampingi Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby berfoto bersama Ketua dan pengurus IKKS Pekanbaru. (F:HRZ/ANews)

KUANTAN SINGINGI (ANews) - Limbago Adat Nogori (LAN) Kabupaten Kuantan Singingi menggelar Olek Godang Melokek Golar Rang Sumando "Panglimo Kayo" kepada Dandrem 031 Wirabima Brigjen TNI M Syech Ismed SE, M Han. Olek Godang yang berlangsung di Komplek Rumah Godang Kenegerian Taluk Kuantan - KARAK, Sabtu (5/2/2022) disambut antusias oleh masyarakat Kuansing.

Sebelum melekatkan gelar Rang Sumando kepada Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI M Syech Ismed acara diawali dengan sejumlah prosesi adat, diantaranya prosesi adat Mengaku Induak (berinduak) ke Suku nan Limo Kenegerian Talukkuantan, prosesi adat Mengantar Rang Sumando, prosesi adat Masuk Rumah (Godang) Suku nan Ompek. 

Selanjutnya dilangsungkan prosesi adat Pemberian Gelar Rang Sumando, Panglimo Kayo kepada Brigjen TNI M Syech Ismed SE, M Han yang diberikan suku nan Limo Kenegerian Teluk Kuantan, Dt.Paduko Rajo. Kemudian dilanjutkan dengan mengarak Rang Sumando, Panglimo Kayo menuju halaman Komplek Rumah Godang.

Acara ini dihadiri plt Bupati Kuansing yang juga Ketua Limbago Adat Nogori (LAN) Kabupaten Kuantan Singingi, Drs H Suhardiman Amby, SE AK, MM "Datuk Panglimo Dalam", Ketua DPRD Kuansing Dr. Adam, S.H., M.H., Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, Ketua IKKS Pekanbaru Taswin Yakub,  Sekda Kuansing Dedi Sambudi, OPD eselon tingkat II Pemkab Kuansing, Ketua LAM Pelalawan dan Ketua LAM Indragiri Hulu, Ketua PWI Riau Zulmansah Sekedang dan anggota DPD RI Misharti, serta FMKT Pekanbaru.

Pengurus IKKS Pekanbaru turut hadir memenuhi undangan penabalan gelar Panglimo Kayo di rumah adat kenegerian Teluk Kuantan Sabtu, (5/2/2022).

Sekjen LAN Kuansing Ir Emil Harda , MM MBA "Datuk Paduko Rajo" menyampaikan bahwa acara ini merupakan bagian dari tradisi di Kuansing yang memberikan penghargaan kepada rang sumando, dimana Brigjen TNI M Syech Ismed SE, M Han beristrikan putri dari Talukkuantan, Kuansing.

''Ini sebagai bentuk penghargaan kami kepada Rang Sumando, semoga tradisi ini tetap dipertahankan,'' ujarnya. 

Datuk Paduko Rajo juga menyebutkan dengan olek godang ini yang ditempatkan di rumah godang, dapat mengembalikan fungsi rumah godang yang sudah 16 tahun tidak lagi difungsikan.

"Sekaligus kita akan melakukan penandatanganan prasasti komplek Rumah Godang Kenegerian Talukkuantan sebagai Icon dan Kebudayaan Kabupaten Kuansing,''tambahnya.

Sementara itu Ketua Umum Ikatan Keluarga Kuantan Singingi (IKKS) Kota Pekanbaru Taswin Yakub memberikan apresiasi kepala LAN Kuansing dan semua pemangku adat. 

Kegiatan ini sebutnya adalah bentuk penghargaan dan wujud kasih sayang pada Rang Sumando. "Insyaa Allah diterima penghargaannya oleh Rang Sumando,"tuturnya.

"Kepada Syach Ismed, kami harapkan ada secercah harapan masyarakat Kuansing pada beliau khususnya kaum perantau. Mudah-mudahan menjadi Rang Sumando ninik mamak Kuansing, seperti mengutip pepatah Minang: anak dipangku, kemenakan dibimbing,''ucap Taswin.

Harapan tersebut langsung disambut baik oleh Rang Sumando, Panglimo Kayo Brigjen TNI M Syech Ismed.

''Ambo tarimo golar Rang Sumando, Panglimo Kayo. Semoga diberkahi Allah Subhanahu wa ta'ala. Sebuah gelar yang luar biasa,'' ungkapnya terharu.

"Saya merasa dengan gelar Panglimo Kayo, saya dipercaya dan siap memajukan dan mensejahterakan Kabupaten Kuansing,'' tambah Syech Ismed.

Dan di ucapan terakhir, Panglimo Kayo meminta restu dan doa masyarakat Kuansing terutama ninik mamak agar dia bisa menjalankan amanah ini dan mempertanggungjawabkannya.

"Sekaligus saya mohon doa restu karena sesuai perintah dari atasan, saya akan dipercayakan menempati jabatan Kapok Sahli Pangdam Iskandar Muda di Aceh beberapa pekan ke depan. Meskipun demikian, jarak tidak akan menyurutkan niat untuk tetap memperhatikan masyarakat Kuansing,'' tutup Syech Ismed. (HRZ) 



Tulis Komentar