Nasional

Puncak Peringatan HPN 2022, Jokowi : Pers Indonesia Adalah Lokomotif Kemajuan Bangsa

Presiden RI Joko Widodo. (F:ist-ANews)

BOGOR (ANews) - Pada puncak peringatan HPN 2022, Rabu (9/2/2022) Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyampaikan bahwa, pers Indonesia adalah lokomotif kemajuan bangsa, menjadi inspirasi lompatan kemajuan, menjadi simpul perubahan di semua sektor kehidupan, serta menjadikan masyarakat bangsa dan negara percaya diri untuk mewujudkan Indonesia Maju.

Pemerintah saat ini terang Jokowi, terus bekerja keras untuk mengawal beberapa transformasi besar. Yang mana Indonesia sedang melakukan transformasi struktural agar Indonesia semakin kompetitif untuk menghadapi era hiperkompetisi ini. 

Sebutnya, transformasi besar itu dibutuhkan untuk menciptakan kesempatan kerja yang seluas-luasnya dan peningkatan nilai tambah yang sangat penting, sehingga memberikan dampak yang signifikan pada penurunan angka kemiskinan, ketimpangan dan juga menyerap pengangguran yang ada.

"Pemerintah melakukan investasi besar-besaran dalam pembangunan SDM, mulai dari perbaikan layanan kesehatan, penurunan angka stunting, reformasi pendidikan yang tersambung dengan kebutuhan dunia industri dan juga revitalisasi pelatihan vokasional yang memberikan abseiling resekaling tenaga kerja kita untuk lebih produktif dan kompetitif," ucapnya.

Jokowi menerangkan, dalam penciptaan nilai tambah, Pemerintah Indonesia tidak main-main dengan hilirisasi, baik hilirisasi industri tambang sampai dengan hilirisasi di sektor pertanian. Ia tidak lagi menginginkan menjadi negara pengekspor bahan mentah yang nilai tambahnya justru dinikmati negara lain.

Dikatakan, pemerintah telah membuktikan, bahwa dengan hilirisasi maka akan tercipta lapangan kerja baru yang makin banyak dan nilai tambahnya akan berdampak pada industri nasional di Indonesia. Penguatan nilai tambah juga dilakukan dalam transformasi ekonomi digital dan transformasi energi. 

"Ekonomi digital memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan. 8,4 juta UMKM kita telah kita dorong naik kelas masuk ke platform digital dan jumlahnya akan terus bertambah," tutur Presiden RI ke-7 ini.

Ia melanjutkan, saat ini Indonesia juga sedang bergerak untuk transformasi energi ke energi baru terbarukan. Dengan memanfaatkan geothermal, angin, solar panel, biofuel, arus bawah laut dan tenaga hidro. Ini sejalan dengan komitmen pada penyelesaian persoalan lingkungan di tingkat global.

Komitmen untuk transisi energi dan transformasi digital ini kata Jokowi, akan diangkat dalam Presidensi Indonesia di G20 di Tahun 2022 ini. Indonesia akan menjadi tuan rumah berbagai acara berskala internasional yang menjadi sebuah kehormatan dan kepercayaan yang sangat berharga.

"Ini kesempatan yang sangat baik untuk menunjukkan kemajuan yang telah dicapai sekaligus meningkatkan kontribusi pada upaya pemulihan ekonomi global," ujarnya.

Oleh karena itu menurutnya pada tahun 2022 ini, saat mata dunia tertuju pada Indonesia, maka pers punya tugas besar untuk mensukseskan agenda penting tersebut, memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan berharga yang dimiliki Indonesia dengan mengabarkan kabar baik dan kabar kebaikan. 

"Pers harus menunjukkan keteguhan dan kekuatan kita, kekompakan, persatuan, gotong-royong, solidaritas yang menjadi modal penting kita dalam menghadapi pandemi," tandasnya. (*)



Tulis Komentar