Berikan Santunan untuk Anak Yatim dan Dhuafa

Perdana, PP IKA UNRI Kepemimpinan Suhu Wan Gelar Acara Buka Puasa Bersama

Pengurus dan anak-anak yatim berfoto bersama dalam acara Buka Puasa Bersama PP IKA UNRI di Ika Cafe Jl Arifin Ahmad, Pekanbaru. (Fist-ANews)

PEKANBARU (ANews) - Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni Universitas Riau (PP IKA UNRI) di bawah kepemimpinan Wan Muhammad Hasyim atau yang akrab disapa Suhu Wan, menggelar acara Buka Puasa Bersama perdana, Senin (11/4/2022) di Ika Cafe, Jl Arifin Ahmad Pekanbaru. 

Ukhuwah yang berlangsung hangat dengan keakraban yang terjalin antara pengurus pusat dan kehadiran perwakilan dari kepengurusan Ika Fakultas ini, juga diberkahi dengan siraman rohani dari penceramah Ustd. Tahidin Mas'ud. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada 30 orang anak yatim dan 10 orang dari kaum dhuafa. Pemberian santunan dilakukan Ketua IKA UNRI Suhu Wan dan diikuti sejumlah pengurus lainnya. Turut hadir dan ikut serta memberikan santunan Wakil Rektor III Universitas Riau Prof. Dr. Iwantono, M.PHil.

Pemberian santunan kepada anak yatim oleh pengurus PP IKA UNRI dan Wakil Rektor III UNRI. (F:ist-ANews)  

Dalam kesempatan itu Ketua IKA UNRI Suhu Wan, mengatakan bahwa acara buka bersama tahun ini merupakan yang perdana bagi kepengurusan PP IKA UNRI yang dilantik pada akhir Agustus tahun 2021 lalu. 

"Ya ini, buka puasa perdana bagi pengurus pusat yang dilantik pada tanggal 28 Agustus tahun 2021 lalu. Alhamdulillah ramai yang hadir, bahkan dari luar daerah juga hadir. Baik dari kabupaten/kota di Riau maupun dari Jakarta. Ini pertanda ukhuwah kita berjalan dengan baik,'' sebutnya.

Dalam sambutannya, Suhu Wan juga menyampaikan pengurus IKA UNRI sekarang adalah pengurus yang mau bekerja, karena itu meski belum setahun berjalan roda kepemimpinan, setelah Hari Raya Idul Fitri 1443 H nanti akan dilakukan evaluasi terhadap kinerja para pengurus.

"Pada prinsipnya, tidak akan ada yang dipecat atau dikeluarkan dari kepengurusan. Kami justru terus melakukan penambahan pengurus. Yang tidak aktif ya, bisa saja bertahan atau dipertahankan tapi tentu tidak ada reward yang bisa diberikan. Akhirnya tentu yang aktiflah yang bisa diandalkan untuk bisa menggerakkan organisasi alumni ini. Karena itu kita akan rutin melakukan evaluasi kepengurusan agar program-program yang telah dirancang dalam raker-raker sebelumnya bisa terwujud dan tidak mandeg. Kita buka peluang kepada alumni yang mau bergerak dan mau bekerja untuk mengembangkan organisasi ini,'' ucap pengusaha ritel ini. 

Selanjutnya di sela-sela Buka Puasa Bersama, Suhu Wan juga memberikan SK kepengurusan kepada Ika Fakultas yang telah memiliki pengurus defininif dan baru saja dilantik.

Ketua Umum PP IKA UNRI Suhu Wan didampingi Sekretaris Umum Aiden Yusti memberikan SK Kepengurusan IKA Kabupaten Kuansing dan Kampar. (F:ist-ANews)

Sementara itu Ketua Panitia Buka Puasa Bersama yang juga Koordinator Departemen Sosial, Budaya dan Keagamaan IKA UNRI Raja Saspi Kurniawan didampingi Sekretaris Matgus, mengaku sangat berterimakasih dengan para pengurus yang hadir di acara Buka Puasa Bersama perdana ini, bahkan dari luar Pekanbaru juga ikut hadir. 

''Nggak tanggung-tanggung mereka mau hadir dari daerah yang jauh bahkan dari Jakarta ikut menghadiri kegiatan ini. Dan alhamdulillah berjalan dengan lancar,'' ujarnya.

Raja Saspi juga menyampaikan terimakasih kepada para donatur yang dengan ikhlas memberikan sumbangan, yang bahkan tidak tanggung-tanggung berdonasi untuk memberikan santunan pada anak yatim dan kaum dhuafa,'' ucapnya.

Untuk tahap awal ini, sesuai sumbangan yang masuk. Panitia memberikan santunan kepada 30 orang anak- yatim, masing-masing anak yatim yang orangtuanya adalah alumni UNRI, anak yatim dari keluarga alumni dan anak yatim yang berada di sekitar sekretariat IKA UNRI yang memang dipusatkan di ruko tiga lantai Ika Cafe. Sementara untuk kaum dhuafa pemberian santunan dilakukan pada hari berikutnya kepada 10 orang petugas cleaning service di lingkungan kampus UNRI.

Lebih lanjut Saspi menyampaikan agar apa yang sudah disumbangkan atau didonasikan pengurus dan alumni terhadap acara Buka Puasa Bersama ini, dia berharap akan dibalas Allah dengan pahala yang berlipat.

"Semoga sumbangan-sumbangan tersebut baik berbentuk materi maupun sumbangan berbentuk lainnya seperti tenaga, waktu dan bahkan kedatangan teman-teman pengurus dan alumni sangat membantu terlaksananya acara ini dengan baik dan lancar,'' sebut alumni Fisip Unri ini.

Suasana pemberian santunan untuk anak yatim. (F:ist-ANews) 

Turut hadir Yani, istri dari (alm) Ridwan Hariyanto, almuni Fisip HI Unri yang belum dua bulan ini wafat. Dia diundang bersama dua anaknya yang masih kecil. Yani pun berterima kasih atas santunan yang diberikan kepada anak-anaknya yang kini sudah menjadi yatim.

"Terimakasih kepada pengurus IKA UNRI yang telah mengundang saya dan anak-anak serta memberikan santunan kepada anak-anak. Tentunya ini sangat membantu kami terutama anak-anak. Di mana sekarang masa-masa prihatin dengan telah pergi untuk selama-lamanya ayah, suami yang menjadi kepala keluarga kami. Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala memberkahi kita semua, terutama para donatur yang ikhlas dan tulus membagikan rezekinya kepada orang-orang yang membutuhkan, aamiin..,'' ujar Yani.

Kegiatan Buka Puasa Bersama ini pun ditutup dengan foto bersama pengurus IKA UNRI yang hadir beserta anak-anak yatim dan makan bersama. (RNM)  



Tulis Komentar