Daerah

Bisa untuk Mudik Lebaran, Tol Pekanbaru-Bangkinang Terbaik Kedua Nasional

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meninjau Tol Pekanbaru - Bangkinang, Selasa (12/4/2022). (F:ist-ANews)

PEKANBARU (ANews)- Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar didampingi Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau, Muh. Arief Setiawan, meninjau progres Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Pekanbaru - Padang, Seksi Pekanbaru - Bangkinang, Selasa (12/4/2022) . Ia menyampaikan progres pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang saat ini tengah memasuki tahap finishing.

"Hari ini kami meninjau jalan tol Pekanbaru - Bangkinang, pembangunan tol ini hampir selesai. Progres pembangunan fisiknya sudah 95 persen, tinggal finishing," kata Gubri Syamsuar usai meninjau Tol Pekanbaru - Bangkinang.

Ia juga berharap pembangunan tol Pekanbaru-Bangkinang ini tuntas pada 20 April mendatang.

"Mudah-mudahan tuntas pada 20 April mendatang dan akan peninjauan dari Kementerian PUPR. Agar nanti tol ini langsung dibuka sebelum lebaran dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang mau mudik lebaran," harap Gubri.

Orang nomor satu di Riau ini juga meyakinkan bahwa tol yang membentang sepanjang 40 km ini telah dibangun mulus.

"Jalan tolnya mulus, bagus, seperti tak terasa saat melewatinya. Dan ini sudah dinilai oleh Kementerian PUPR dan jalan tol ini terbaik kedua nasional. Kualitasnya bagus luar biasa," sebutnya.

Sementara itu menurut Agus Arifin dari PT. Hutama Karya mengatakan bahwa progres tol seksi Pekanbaru - Bangkinang sudah mencapai 95%. Untuk itu, jalur tol yang dibuka tergantung kesiapan.

"Progres per hari ini sudah 95% hanya tinggal finishing saja.

Jika dilihat dari progres, lanjut Agus Arifin, maka hanya dibuka satu jalur terlebih dahulu. Ia menambahkan selama uji coba, maka tarif tol gratis. 

"Jadi nanti setelah H+ maka ditukar rute arusnya maka tetap satu jalur yang dibuka. Masih gratis ini sebagai uji coba," tutur Agus Arifin. 

Selain itu, untuk progres Tol Seksi Bangkinang - Pangkalan pihaknya masih mengusahakan secepatnya. Hal tersebut dikarenakan masih ada terkait masalah lahan yang perlu kita selesaikan dengan cepat. 

"Progres Bangkinang pangkalan sudah 30% untuk lahan sesuai progres yang dikerjakan kurang lebih 30%. Ketika progres selesai langsung kita  konstruksi kan," tukasnya. (*)



Tulis Komentar