Jadi Destinasi Wisata Riau

Bertemu Ninik Mamak, Gubri Bertekad Lestarikan Peninggalan Kerajaan Kampa

Gubernur Riau Syamsuar saat melihat saat melihat salah satu peninggalan kerajaan. (F:ist-Anews)

KAMPAR (ANews) - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar sangat mendukung upaya pelestarian budaya dan peninggalan kerajaan dan kesultanan yang ada di Provinsi Riau. Salah satu dari bentuk dukungannya adalah perlindungan dan pelestarian Kerajaan Kampa di Kenegerian Kampa di Kabupaten Kampar, Riau. 

"Malam hari ini kami berkesempatan juga dengan Ninik Mamak, Datuk kampung sini dalam rangka untuk pelestarian Kerajaan Kampa yang ada di sini," ujar Syamsuar saat berkunjung ke Istana Kampa di Kenegerian Kampa Desa Koto Perambahan, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, Selasa malam (12/4/2022).

Gubri pun mendengar masukan dari para Ninik Mamak. Nantinya dia akan berupaya untuk mencarikan solusi dari permasalahan yang ada di sana. Ia pun berharap ini menjadi daya tarik baru bagi wisatawan untuk berkunjung ke lokasi restorasi Kesultanan Kampa tersebut. 

"Jadi kami sudah cerita banyak, juga banyak mendapat masukan. Dan mudah-mudahan juga ini menjadi destinasi wisata di masyarakat," ucapnya.

Lebih lanjut, Syamsuar menyampaikan bahwa pihaknya akan terlebih dahulu mengurus terkait penataan wilayah tersebut. Penataan kawasan tersebut, berdasarkan diskusi bersama Ninik Mamak. Gubri mengatakan,  terdapat kekurangan uang terkait pembebasan lahan sekitar Rp 800 juta termasuk penataan makam para raja. 

"Yang paling penting saya tadi minta, kebijakan budaya ini siapa dulu," tuturnya.

Gubri juga mengusahakan untuk mendapatkan dokumen yang ada di Pustaka Nasional perihal dokumen kerajaan-kerajaan yang ada di Provinsi Riau. 

"Ini harus kita peroleh dulu, sehingga nanti kita satukan apa yang diperoleh Ninik Mamak yang ada disini," ujar Syamsuar.

Kerajaan Kampa ini berdasarkan tutur Ninik Mamak Kenegerian Kuok dan Kenegerian Kampa masih memiliki kekerabatan dengan Kerajaan Linduong Bulan.

Bukti keberadaan Kerajaan Kampa masih  bisa dijumpai sampai saat ini seperti adanya tanah bekas kompleks Kerajaan Kampa, Masjid Kubro sebagai masjid kerajaan, adanya kompleks pemakaman raja-raja, sisa-sisa dari bangunan istana, cap/stempel kerajaan, benda-benda peninggalan Kerajaan Kampa.(*)



Tulis Komentar