Daerah

IAKMI Prov.Riau Lantik Pengurus Cabang Se Riau dan Launching Gerakan Go Rasting Yang Inovatif

Ketua IAKMI Provinsi Riau, Dr.H.Nopriadi , SKM, M.Kes menyampaikan sambutan.(F.ist/ANews)

Pekanbaru (ANews) - Ketua Pengda Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Propinsi Riau, Dr.H.Nopriadi,SKM, M.Kes secara resmi melantik Pengurus Cabang IAKMI Kabupaten Kota Se Provinsi Riau, Sabtu 23 April 2022 di Hotel Pangeran Pekanbaru. 


Selain pelantikan Pengcab IAKMI Kab Kota,  Pengurus IAKMI Provinsi Riau juga melakukan Launching Gerakan GO RASTING (Gotong Royong Atasi Stunting) yang inovatif serta penandatanganan MoU dengan BKKBN Perwakilan Provinsi Riau sekaligus mengadakan acara buka puasa bersama.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau (H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes) serta dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau (Dra. Hj. Mardalena Wati Yulia, MSi), juga dihadiri oleh Sekjend PP IAKMI  (Husein Habsyi, SKM, M.H.Comm) dan Ketua PP IAKMI terpilih Dedi Supratman, SKM, MKM yg mengikuti acara secara virtual.                         

Ketua IAKMI Provinsi  Riau, Dr.H.Nopriadi , SKM, M.Kes mengucapkan selamat kepada semua pengurus cabang IAKMI Kab Kota Se Provinsi Riau yg baru dilantik, semoga semangat dan sukses mengemban amanah ini dengan baik, kita perlu bersinergi dengan pemerintah dan berkontribusi nyata dalam pembangunan kesehatan dan mengatasi berbagai permasalahan kesehatan masyarakat di daerah.

Dalam sambutannya Dr Nopriadi, SKM, M Kes dan H.Zainal Arifin, SKM, M.Kes mengatakan bahwa Pengda IAKMI Provinsi Riau baru-baru ini berhasil mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Riau sebagai Organisasi Profesi Kesehatan yang  paling aktif menyelenggarakan DIKLAT Jabatan Fungsional dalam upaya meningkatkan kapasitas SDM Kesehatan, pesertanya tidak hanya tenaga kesehatan dari Provinsi Riau tapi diikuti secara nasional mulai dari Aceh sampai Papua.

IAKMI Riau juga aktif bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid19, menyukseskan program vaksinasi masal, baik Vaksin tahap 1,2,3 (booster) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Puskesmas dan perguruan tinggi kesehatan seperti Universitas Hang Tuah Pekanbaru, dengan sasaran masyarakat umum, siswa SMA, SMP juga anak SD. 

IAKMI Riau juga aktif dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat seperti Optimalisasi peran tokoh masyarakat dalam upaya pencegahan dan pengendalian kasus diabetes melitus pada  masa Pandemi Covid19 di Pekanbaru, disamping itu juga berperan aktif dalam pengendalian kasus TBC dan HIV Aids, Program Kesehatan Ibu dan Anak serta Gizi Kesehatan Masyarakat di Riau.

Pengurus IAKMI Provinsi Riau dan Kab Kota juga siap mewujudkan visi dan misi serta program  strategis yang sudah disepakati melalui Mukerda IAKMI beberapa bulan lalu. 
          
Masih menurut Dr. Nopriadi dirinya dan pengurus IAKMI Riau masuk dalam Tim Penurunan Stunting di Provinsi Riau, kita saling berkoordinasi dan berperan aktif dalam perubahan perilaku masyarakat dan pendampingan keluarga.

Masalah Stunting menurut data yg dipaparkan oleh ibu Mardalena Kepala BKKBN Propinsi Riau tadi masih cukup tinggi, terutama  di Kabupaten Rokan Hilir dan beberapa kabupaten lainnya dan angka Stunting terendah adalah di Pekanbaru, ucap Dr. Nopriadi, SKM, M.Kes.
                          
Sementara itu Ketua Pelaksana Abdul Latief Mustofa, SKM menambahkan dirinya akan memperkuat dan mengapresiasikan semua program program yang sudah ada dilakukan oleh Pemerintah Propinsi Riau ke kita dan ini akan kami laksanakan secara optimal.

Lebih lanjut Dr. Nopriadi, SKM, M.Kes  menambahkan bahwa  direncanakan pada bulan Nopember 2022 nanti kita Pengda IAKMI Provinsi Riau dipercaya oleh PP IAKMI untuk menjadi Tuan rumah dalam  penyelenggaraan Kongres  Nasional (KONAS) Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dan MUNAS (Musyawarah Nasional) AIPTKMI (Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia). Biasanya acara Akbar ini dihadiri oleh lebih dari 1.000 orang tamu Ahli Kesehatan Masyarakat dari dalam dan luar negeri selama 5 hari. Biasanya juga dihadiri Bapak Presiden RI atau Wakil Presiden RI, disamping Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Ekonomi,. Menteri Tenaga Kerja, Kepala BKKBN, Direktur Utama BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan dan lain-lain. Ini merupakan momentum yang sangat bagus kita mempromosikan
Provinsi Riau kepada para tamu, baik dalam negeri dan  luar negeri.                        
Tadi saya sudahimta dukungan Pak H Zainal Arifin, SKM, M.Kes sebagai Kepala Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau dan Ibu Mardalena sebagai Kepala BKKBN Propinsi Riau, Alhamdulillah beliau sangat mendukung kita sebagai tuan rumah. Dalam waktu dekat kita akan audiensi kepada bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Riau. Kita berharap semua stakeholders nanti mendukung dan jumlah kasus Covid19 semakin turun dan dapat dikendalikan. Sebagaimana target pemerintah menjadikan Pandemi Covid19 menjadi endemis seperti flu biasa diperkirakan mulai bulan Oktober 2022.(rls)



Tulis Komentar