Daerah

Tol Pekanbaru- Bangkinang Dibuka, Gubri Bersama Kapolda dan Dandrem Siap Amankan Mudik 2022

Gubri Syamsuar saat memberi keterangan pers seusai membuka pengunaan jalan 32 Km Jaan Tol Pekanbaru-Bangkinang. (F:ist-Anews)

PEKANBARU (ANews) - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meyakinkan bahwa Pemerintah Daerah bersama Polda Riau juga Dandrem Riau sangat siap untuk mengamankan kegiatan mudik Idul Fitri 1443 H tahun 2022.

"Kami bersama Kapolda dan Dandrem sudah siap mengamankan kegiatan mudik ini baik yang ingin berangkat ke kampung halaman ataupun kembali ke Riau," sebut Gubri Syamsuar pada saat resmi membuka sementara fungsional secara seremoni untuk mendukung kelancaran arus mudik Idul Fitri 1443 H tahun 2022, Selasa (26/04/2022).

Dalam peresmian tersebut, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada PT Hutama Karya (Persero), Bupati Kampar dan seluruh masyarakat Kabupaten Kampar yang juga ikut mendukung pembangunan jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang ini.

"Terimakasih kepada PT Hutama Karya yang hari ini sudah dengan kencangnya menyelesaikan pekerjaan jalan tol ini juga kepada Bupati dan seluruh masyarakat Kampar, semoga jalan tol ini bisa berjalan dengan lancar," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap penggunaan Jalan Tol Pekanbaru - Bankinang ini bisa berjalan dengan cepat karena masih ada yang harus dilanjutkan dari Bangkinang menuju arah perbatasan Sumatera Barat (Sumbar) yang sekarang juga sedang dalam proses pengerjaan.

"Mudah mudahan juga tol menuju perbatasan Sumbar juga kita harapkan bisa selesai dalam tahun ini ataupun tahun depan dan juga semua jalan tol yang ada di Riau ini dapat dimanfaatkan baik untuk masyarakat Riau maupun masyarakat Indonesia pada umumnya," harap Gubri.

Lebih lanjut ia juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden Indonesia Joko Widodo yang turut memberikan dukungan penuh atas persiapan jalan Tol Sumatera.

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah RI dalam hal ini bapak Presiden dimana kita mempunyai komitmen besar untuk mempersiapkan Jalan Tol Sumatera ini," ucap Gubri.

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya melalui Dinas PU telah melakukan pertemuan semua Provinsi se - Sumatera dalam rangka untuk membahas progres Jalan Tol Sumatera dari Aceh - Lampung.

"Semoga tentunya hajat besar yang dilaksanakan oleh bapak Presiden ini mendapatkan kemudahan sehingga Jalan Tol Sumatera bisa menjadi jembatan bagi kita Indonesia untuk kelancaran arus lalu lintas baik orang ataupun barang," jelasnya.

Pihaknya juga mengharapkan dalam pembangunan Jalan Tol Sumatera  ini mampu memberikan akses yang mudah, cepat dan lancar bagi semua pihak di Provinsi Riau.

"Sekaligus juga memberikan aksesbilitas yang ada di wilayah provinsi Riau agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional," sebut Syamsuar.

Sebagai informasi, Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan koridor pendukung atau sirip dari ruas tol Pekanbaru-Padang sepanjang 254 kilometer. Sedangkan untuk tol Pekanbaru-Bangkinang memiliki main road sepanjang 40 km. Tol ini memiliki enam jembatan dan dua rest area. Jarak dari Pekanbaru-Bangkinang jika melewati jalan nasional adalah sekitar 58,8 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 40 menit. Sedangkan jarak tempuh tol Pekanbaru-Bangkinang 30 sampai 45 menit.

Sedangkan untuk Tol Pekanbaru-Padang terdiri dari enam seksi yaitu Seksi I Padang-Sicincin (36,15 km), Seksi II Sicincin-Bukittinggi (38 km), Seksi III Bukittinggi-Payakumbuh (34 km), Seksi IV Payakumbuh-Pangkalan (58 km), Seksi V Pangkalan-Bangkinang (56 km) dan Seksi VI Bangkinang-Pekanbaru (40 km).(*)



Tulis Komentar