Daerah

Suhu di Arab Saudi Bisa Mencapai 50 Derajat, Kanwil Kemenag Riau JCH Jaga Kesehatan

Kakanwil Kemenag Provinsi Riau, Dr Mahyudin. (F:ist-ANews)

PEKANBARU (ANews) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau, Dr Mahyudin mengimbau kepada Jemaah Calon Haji (JCH) Riau agar menjaga kesehatannya. 

“Saat ini di Arab Saudi memasuki musim panas, bahkan nanti di saat pelaksanaan ibadah hingga puncak haji, cuaca disana (Arab Saudi) diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celcius," kata Mahyudin, Ahad (29/5/2022).

Sebab itu pihaknya mengingatkan kepada para jamaah calon haji Riau agar mempersiapkan diri dengan kondisi tersebut. 

Diantaranya adalah dengan memperhatikan asupan gizi dan kondisi kesehatan jelang keberangkatan. biasakan diri untuk beradaptasi dengan situasi yang ekstrim, suhu udara yang ekstrem.

Jamaah juga diminta untuk bersikap disiplin denga protokol kesehatan, segera memenuhi persyaratan yang minta dalam pelaksanaan Ibadah Haji.

“Saya minta jamaah Riau disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Ketika akan diberangkatkan, tolong dicek lagi persyaratan-persyaratan yang diminta seperti vaksin, tes PCR dan persyaratan lainnya yang dibutuhkan," katanya.

Mahyudin menyebutkan, pada musim haji tahun ini Provinsi Riau mendapat kuota sebanyak 2.290 orang jamaah.

Dari jumlah tersebut terdapat 461 Orang sebagai cadangan beserta 12 orang Petugas Haji Daerah (PHD) dan 2 orang KBIHU calon jamaah.

Mahyudin mengungkapkan, sebanyak 40 Calon Jamaah Haji  asal Riau dipastikan batal berangkat haji tahun ini. Sebab mereka tidak melunasi pembayaran Biaya Penyelengaraan Ibadah Haji (BPIH) hingga akhir batas waktu pembayaran. 

"Iya, ada 40 orang calon jamaah haji kita yang tidak melunasi pembayaran BPIH sampai batas akhir pembayaran, 20 Mei 2022 kemarin," katanya. 

Mahyudin menegaskan, kekosongan 40 CJH yang batal berangkat tersebut akan diisi oleh JCH cadangan yang sudah melunasi pembayaran.

Dijelaskan Mahyudin, total BPIH tahun ini sesuai yang ditetapkan pemerintah yakni Rp39.686.009.

Mahyudin bersyukur dengan telah dirilisnya daftar nama jamaah calon haji yang akan melaksanakan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M.

Pemerintah sudah mengumumkan daftar jamaah calon haji yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Arab Saudi yakni mereka yang berusia 65 Tahun 0 bulan pada tanggal 30 Juni 2022 serta telah menerima vaksin Covid -19.(*)



Tulis Komentar