Silaturahmi

Luar Biasa Meriah dan Semarak! Ribuan Warga Kuansing Tumpah Ruah Hadiri Halabihalal IKKS Pekanbaru

Ribuan warga Kuansing tumpah ruah hadiri halalbihalal IKKS Pekanbaru, Minggu malam (29/5/2022). Ft.ANews

PEKANBARU (ANEWS) - Halalbihalal Akbar yang ditaja warga Kuantan Singingi yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Kuantan Singingi (IKKS) Pekanbaru, Minggu malam (29/5/2022) benar-benar berlangsung meriah dan semarak.

Diperkirakan hampir 1000-an orang warga Kuantan Singingi (Kuansing) yang bermukim di Kota Pekanbaru dan undangan dari seluruh kecamatan di Kuansing tampak tumpah ruah memenuhi ballroom SKA Co Ex, lokasi yang dipilih IKKS untuk halalbihalal tersebut. Saking berjubelnya warga yang hadir sebagian bahkan ada yang tidak kebagian tempat duduk, mereka terpaksa berdiri di sisi ballroom.

Dalam hahalbihalal yang mengusung tema besar 'Badunsanak Kito di Rantau, Basatu Kito di Kampuang Halaman' yang dihadiri langsung pelaksana tugas (Plt) Bupati Kuansing Suhardiman Amby itu, tampak hadir antara lain Wakil Kajati Riau Akmal Abas, Anggota DPR-RI Komisi VIII Dapil Riau Drs Achmad, seluruh jajaran pengurus IKKS, Asisten III Pemprov Riau, sejumlah anggota DPRD Kuansing, sejumlah Camat dan   Kepala OPD Pemkab Kuansing serta para tokoh dan tetua Kuansing.

Kemeriahan halalbihalal IKKS bersama Pemkab Kuansing itu makin bertambah lagi dengan disuguhkannya berbagai makanan tradisional khas Kuansing hasil karya para 'mondek-mondek' - ibu-ibu dari negeri jalur tersebut. Di antara penganan khas Kuansing yang disuguhkan itu seperti Puluik kucuang, sampiluang, pariuk boruak, sarang panyongek, konji barayak, kue talam, wajik, paniaram, lomang dan lainnya.

"Alhamdulillah halalbihalal IKKS pertama setelah tiga tahun tidak terlaksana akibat pandemi covid-19 ini benar-benar dihadiri antusias oleh warga Kuansing, bahkan yang hadir diperkirakan hampir 1000-an orang tumpah ruah hadir. Saking antusiasnya warga Kuaning barangkali ada yang tidak kebagian konsumsi," kata Ketua Panitia Halalbihalal IKKS Endrianto Ustha.

Ketua Umum IKKS Taswin Yacub mengatakan, kehadiran ratusan warga Kuansing pada acara halalbihalal ini menunjukkan bahwa warga Kuansing di mana pun berada bisa selalu kompak.

"Kekompakan seperti ini harus kita bangun dan bina demi kemajuan Kuansing ke depan. Moto yang kita kembangkan 'Badunsanak kito di rantau, Basatu kito di kampung' harus menjadi acuan warga Kuansing dalam memupuk silaturahmi dan bersinergi untuk ikut mensukseskan pembangunan di Kuansing," tegas Taswin Yacub.

Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby dalam sambutannya, memaparkan situasi dan kondisi anggaran daerah Kuansing yang sebagian besar terserap untuk belanja pegawai. Kondisinya makin diperberat lagi karena 19 pejabat inti di Kuansing termasuk bupatinya berstatus sebagai pelaksana tugas.

Terkait dengan antusias kehadiran warga Kuansing dalam halalbihalal IKKS, Suhardiman Amby mengakui, ini menunjukkan betapa warga Kuansing itu selalu kompak dan jelas merupakan potensi besar dalam membangun Kuansing ke depan.

"Pemkab Kuansing selalu dan siap menerima masukan dari para tokoh Kuansing dan para perantau karena inilah salah satu potensi besar kita," pinta Suhardiman Amby. (ZET)



Tulis Komentar