Lintasi Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Ngantuk, Maut Menjemput

Kondisi depan Mobil Toyota Avanza yang remuk usai menabrak truk di jalan Tol Pekanbaru-Dumai minggu pagi.(10/10/) (f.Anews)

Pekanbaru (ANews)- Dengan kondisi jalan yang lurus, kewaspadaan supir yang melintasi Jalan Tol Pekanbaru-Dumai diingatkan betul-betul waspada yang tinggi. Apalagi, jika laju kendaraan mencapai 100km/jam.

Meski, pengelola tol Pekanbaru-Dumai telah menetapkan kecepatan 60-80 km/jam. Jika merasa capek dan ngantuk, diminta beristirahat di tempat peristirahatan atau rest area yang telah disediakan. 

Sejauh ini, telah terjadi dua kecelakaan semenjak tol sepanjang 131,48 km yang melintasi empat kabupaten-kota ini dibuka.

Senin (28/9/2020), mobil Pajero Sport warna putih BM 1636 DJ laka-lantas tunggal, disebabkan ban bagian depan pecah dan supir yang mengantuk. Bagian depan mobil ini rusak pada posisi ban. Tidak ada korban jiwa.

Minggu pagi, (11/10/2020) kecelakaan kembali terjadi. Mobil Avanza BM 1640 RG menabrak truk trailer  B 9384 PEH di Kilometer 75 Desa Pinggir, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis.

Branch Manager Tol Permai, pengelola tol Pekanbaru-Dumai, Indrayana mengatakan supirnya mengalami luka serius.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto yang dihubungi terpisah, menambahkan informasi yang diperoleh dari Satlantas Polres Bengkalis menyebutkan, laka lantas itu diperkirakan terjadi sekira pukul 06.30 WIB.

Insiden itu berawal ketika truk trailer yang dikemudikan Riki Cahyadi dengan penumpangnya Robin Novrianto sedang melintas dari arah Pekanbaru menuju Kota Duri dengan kecepatan sedang.

Setibanya di tempat kejadian peristiwa (TKP) saat bersamaan datang dari arah yang bersamaan mobil Toyota Avanza yang dikemudikan Tedi Prayoga dengan kecepatan tinggi. Korban Tedi tak mampu mengendalikan kecepatan mobilnya sehingga menghantam bagian belakang truk.

Akibatnya, mobil Avanza itu ringsek dan rusak parah. Beruntung sang supir selamat meski mengalami luka serius. Para pengemudinya langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Sementara kedua kendaraan yang bertabrakan ini langsung dievakusi pihak pengolala jalan tol Pekanbaru-Dumai.

Kecelakaan lalu lintas (lakalantas) kembali terjadi di ruas Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai). Ini merupakan kecelakaan kedua di jalan bebas hambatan tersebut pascadioperasikan untuk umum. Beruntung, pada peristiwa naas ini tidak ada korban jiwa.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Riau Kombes Pol Pringadi Supardja melalui Kasat PJR, AKBP Irmadison menyebutkan, bagian depan mobil Avanza rusak berat.

"Mobil Avanza rusak berat. Untuk korban jiwa tidak ada, sopir mobil Avanza mengalami luka berat dan telah dibawa ke rumah sakit. Untuk lebih jelasnya, silahkan tanyakan ke Polres Bengkalis," ujarnya lagi. 

Pada kesempatan ini, Irmadison mengimbau, para pengendara yang melintasi jalan tol agar berhati-hati dan memperhatikan rambu-rambu yang terpasang serta meningkatkan kewaspadaan.(RMH)



Tulis Komentar