Pendidikan

Provinsi Riau Dipercaya Jadi Tuan Rumah Konas IAKMI XV & Musyawarah Nasional AIPTKMI VIII Tahun 2022

Ketua Umum Pengurus Daerah IAKMI Provinsi Riau Dr.H.Nopriadi, SKM, M.Kes.

PEKANBARU (ANews) - Pengurus Pusat Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (PP IAKMI) dan semua Pengurus Daerah (Pengda IAKMI) se Indonesia sepakat mempercayakan kepada IAKMI Provinsi Riau sebagai tuan rumah event akbar menyelenggarakan Kongres Nasional Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (KONAS IAKMI XV), dan Musyawarah Nasional Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat (MUNAS AIPTKMI VIII) di Pekanbaru, Provinsi Riau.

Ketua Umum Pengurus Daerah IAKMI Provinsi Riau (Dr.H.Nopriadi, SKM, M.Kes) beserta jajaran pengurus daerah dan cabang Kab/Kota, dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau (H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes) sudah mulai mengadakan rapat persiapan dengan Pengurus Pusat IAKMI. 

"Sekarang kita sedang menyiapkan senarai kegiatan dan dalam waktu dekat kita akan audiensi. Mohon dukungan Bapak Gubernur Riau Drs. H.Syamsuar, M.Si terkait serangkaian rencana kegiatan Pra KONAS, KONAS IAKMI XV, MUNAS AIPTKMI VIII, Hari Kesehatan Nasional (HKN), Forum Ilmiah Tahunan (FIT), dan Olimpiade Kesehatan Masyarakat Internasional di Kota Pekanbaru Provinsi Riau," jelas Nopriadi.

Dia menambahkan, kegiatan ini akan berlangsung selama lebih kurang 1 pekan, yang direncanakan mulai tanggal 7-13 November 2022, sebelum acara Porprov Riau.

Nopriadi menerangkan, kegiatan Konas IAKMI XV dan Munas AIPTKMI VIII merupakan kegiatan yang dilakukan setiap 3 tahun sekali, yang sebelumnya dilaksanakan di Bali tahun 2019, di Makassar tahun 2016, di Kupang NTT tahun 2013, dan di Bandung Jawa Barat tahun 2010. 

"Ini adalah kesempatan partama kali dilaksanakan di Provinsi Riau sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan Konas IAKMI dan Munas AIPTKMI, FIT, Pusat HKN dan Internasional Public Health Olimpic,"terangnya. 

Kegiatan ini lanjut Noprialdi, biasanya dihadiri oleh 2.000-3.000 orang tamu Ahli Kesehatan secara nasional dan internasional. 

"Dulu waktu Konas IAKMI di Makassar tahun 2016 bahkan pernah dibuka oleh Wakil Presiden, juga dihadiri oleh para penjabat tinggi selevel menteri, seperti Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Keuangan, Menteri Pedesaan, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Menteri Lingkungan hidup dan Kehutanan, Kepala Bappenas, Kepala BKKBN Pusat, Gubernur, Direktur Utama BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, Dirjen Binkesmas, Kemenkes RI, Perwakilan WHO, Country Representative, UNICEF, beberapa orang Walikota dan Bupati baik dalam provinsi Riau maupun dari luar Riau" imbuhnya.

Para tamu undangan ini sebut Noprialdi, juga akan diundang untuk mempresentasikan "Best practice and lesson learn" di bidang kesehatan dari daerah masing-masing untuk dicontoh dan diterapkan di daerah lain. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa orang Ketua Komisi dan anggota DPR RI, dan para pakar kesehatan lokal, nasional dan internasional.

"Harapan kita semoga semuanya berjalan sukses dan lancar. Kita sekaligus mempromosikan keunggulan batik, kuliner cendramata, dan objek wisata yang ada Provinsi Riau kepada ribuan tamu yang datang," ungkapnya.

Selain itu, perwakilan para pengurus dan anggota IAKMI di seluruh Indonesia, dan para dosen yang tergabung dalam Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia juga diyakini akan hadir. 

Menjadi tuan rumah dalam berbagai kegiatan ini merupakan amanah yang harus dilaksanakan dan prestasi yang membanggakan bagi IAKMI Riau untuk menunjukkan eksistensi teman-teman yang selama ini dinilai aktif oleh PP IAKMI, sekaligus menjadi ajang Promosi bagi Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru kepada masyarakat Indonesia dan para tamu dari mancanegara. 

"Oleh karena itu kita harus memberikan pelayanan yang terbaik dan menyambut para tamu dengan ramah sehingga menimbulkan kesan dan kenangan yang baik bagi para tamu," kata Noprialdi.

Kegiatan akbar ini harus direncanakan dengan baik dan sangat matang agar dapat berjalan lancar dan sukses. Perlu kerjasama yang apik dan dukungan semua stakeholders.

Rapat persiapan kegiatan Konas IAKMI dan Munas (AIPTKMI) ini terang Noprialdi dilaksanakan pada hari Jumat & Sabtu, tanggal 27 & 28 Mei 2022 melalui zoom meeting dan google meeting, dimulai dengan menentukan tanggal pelaksanaan dan struktur kepanitiaan, rapat dipimpin langsung oleh Ketua Umum Pengda IAKMI Provinsi Riau Dr. H. Nopriadi, SKM, M. Kes. dan dihadiri oleh panitia lokal dan nasional. 

"Dari hasil rapat diusulkan kegiatan Konas IAKMI dan Munas AIPTKMI dimulai tanggal 7 s.d 13 November 2022. Namun tanggal ini juga akan dikonsultasikan dengan Gubernur Riau untuk disepakati bersama. 

"Selanjutnya kita akan menentukan tema dan topik-topik yang akan dibahas secara detail dengan semua panitia. Semoga niat baik dan dedikasi yang tinggi untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat ini diberikan kemudahan oleh Allah SWT. Aamiin...," tambahnya menutupi pembicaraan. (*)



Tulis Komentar