Daerah

Wagubri Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, Berikut Bunyi Pesan Presiden

Wagubri Edy Nasution berbaju kurung coklat saat mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2022. (F:ist-Anews)

PEKANBARU (ANews) - Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution, mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara virtual di Gedung Daerah, Balai Serindit, Rabu (1/6/2022).

Dalam upacara peringatan Hari Pancasila yang berlangsung secara virtual ini, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bertindak sebagai inspektur upacara.

Sedangkan yang bertindak sebagai perwira upacara Brigjen TNI Harfendi, dan sebagai komandan upacara adalah Kolonel Infanteri Tunjung Setyabudi.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

"Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua. Akan tetapi, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian," pesan Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan, hal ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

"Dalam sejarah Indonesia kita bisa melihat bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila," ujarnya.

Selain itu, ia selalu mengingatkan kepada seluruh pihak untuk benar-benar mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila.

"Saya selalu ingatkan kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila dan kita bisa wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan kita," ungkap Jokowi.

Dalam memperjuangkan Pancasila, sambung Jokowi, pihaknya mengajak untuk bersama-sama untuk mengimplementasikan secara baik dalam tata kelola pemerintahan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa.

"Inilah tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja yang dirasakan kehadirannya dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia," sebutnya.

Turut hadir peringatan hari lahir Pancasila secara virtual itu Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Riau Brigjen Pol Tabana Bangun, Dandrem 031/WB Brigjen TNI Infentri Parlindungan Hutagalung, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting, Kepala Dinas Komunikasi Infomasi Statistik (Diskominfo) Riau Erisman Yahya dan undangan lainnya. (*)



Tulis Komentar