Daerah

Festival Pacu Jalur Mini Desa Sukaraja, Logas Tanah Darat Resmi Dibuka Plt Bupati Kuansing

Plt. Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Drs. H. Suhardiman Amby, Ak. MM saat meresmikan Festival Pacu Jalur Mini di Telaga Dapur Umum Desa Sukaraja Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi, Jum’at (3/6/2022). (F:ist-ANews)

SUKARAJA (ANews) - Plt. Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Drs. H. Suhardiman Amby, Ak. MM, memukul gong tanda dibukanya secara resmi Festival Pacu Jalur Mini di Telaga Dapur Umum Desa Sukaraja Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi, Jum’at (3/6/2022).

Turut menghadiri anggota DPRD Provinsi Riau Mardianto Manan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kuansing Zulhendris, A.Md, Wakil Ketua II Jufrizal, SE, M.Si serta anggota DPRD Kuansing Azrori Analke Apas, Juni Warti, Riko Nanda, Gusmir Indra, Solehuddin dan Darwis, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi Drs. Azhar, MM serta pimpinan OPD, Ketua KONI Kuansing Andi Cahyadi, Camat Logas Tanah Darat Jhon Pitte Alsi, S.IP beserta Forkopimcam dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Dalam menyampaikan kata sambutannya, Plt Bupati sangat mengapresiasi masyarakat Desa Sukaraja yang hingga saat ini menjunjung tinggi nilai-nilai budaya setempat. Seperti budaya pacu ajalur mini yang menjadi milik bersama masyarakat.

"Semoga rasa memiliki bersama ini akan memupuk rasa kekompakan dan kebersamaan masyarakat hingga terpelihara dengan baik bahkan diteruskan hingga ke anak cucu, generasi-generasi selanjutnya," ungkap Suhardiman Amby.

Malihat animo masyarakat yang tinggi untuk menyaksikan dan ikut serta dalam festival ini juga menjadi kebanggaan bagi Plt Bupati. Bahkan Plt Bupatipun berkesempatan meninjau langsung kesiapan arena pacu bersama-sama dengan Tim Disparbud Kuansing yang menjadi panitia acara dan undangan lainnya.

Plt Bupati meninjau langsung kesiapan arena pacu. (F:ist-ANews)

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuantan Singingi Drs. Azhar, MM juga mengakui antusias warga yang hadir.

"Alhamdulillah dari pantauan kami, animo masyarakat cukup tinggi menyaksikan acara ini, apalagi dihadiri dan dibuka langsung oleh Plt Bupati serta juga mendapat dukungan dari DPRD Kuansing ," ujar Azhar menjawab AmanahNews.com saat di lokasi acara.

Apalagi, selama dua tahun belakangan ini, kegiatan pacu jalur mini mengalami kevakuman. Hal ni disebabkan sejak pandemi Covid-19 melanda negeri ini. 

"Kegiatan ini sudah mulai dilaksanakan semenjak tahun 2018 dan 2019. Namun kemudian terhenti dua tahun belakangan ini karena pandemi Covid-19. Jadi pelaksanaan tahun ini adalah gelaran yang ke tiga," terang Azhar.

Dia juga menambahkan, dari jumlah peserta yang hadir cukup banyak dengan diikuti 120 peserta. Para peserta akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp33 juta. Dengan rincian Juara I memperoleh uang tunai sebesar Rp8 juta,  juara II Rp7 juta, juara III Rp6 juta, juara IV Rp5 juta, juara V Rp4 juta dan juara VI Rp3 juta.

Penyerahan piala bergilir dari pemenang tahun 2019 kepada Plt Bupati, selanjutnya Plt Bupati menyerahkannya ke panitia. (F:ist-Anews)

Di kesempatan yang sama salah satu anggota DPRD Kuansing Solehudin menyatakan DPRD dalam kegiatan ini sangat mendukung dan mensupport acara festival pacu jalur mini ini. 

"DPRD pada prinsipnya sangat mendukung dan turut mensupportlah kegiatan pacu ini, karena eforia masyarakat begitu tinggi untuk menyaksikan pacu jalur ini sebagai bagian dari tradisi dan budaya masyarakat Kuansing, apalagi sudah dua tahun belakangan ini kita tidak melaksnakannya karena wabah Covid-19. Tentunya dengan terlaksananya festival pacu jalur ini kerinduan masyarakat untuk menyaksikan pacu jalur yang lama vakum menjadi terobati, "ucap Solehudin. (ARY)



Tulis Komentar