Pendidikan

Rektor UNIKS Lantik Dekan Faperta, Nopriadi : Non Aktifkan Dosen yang Tidak Mau Mengurus Jabatan Fungsional

Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes.(F.ist/ANews)

TELUKKUANTAN (ANews) - Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes melantik Seprido, S.Si, M.Si sebagai Dekan Faperta menggantikan Deno Okalia, SP, MP yang akan melanjutkan studi S3 di IPB. Rektor UNIKS memberikan semangat agar dosen UNIKS meningkatkan kualifikasi pendidikan ke jenjang doktoral agar kedepan lulusan UNIKS lebih berkualitas. 

Pelantikan dan serah terima jabatan (Sertijab) pergantian antar waktu (PAW) Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) sisa masa jabatan 2021-2025, yang dilaksanakan pada Rabu, 15 Juni 2022 di Gedung Serba Guna (GSG) UNIKS diselenggarakan secara langsung.

Pelantikan dan sertijab Dekan Faperta UNIKS dari Deno Okalia, SP., MP kepada Seprido, S.Si., M.Si dihadiri oleh pimpinan universitas, Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes, Wakil Rektor I M. Irwan, SE., M.Si, Wakil Rektor II Desriadi, S.Sos., M.Si, Wakil Rektor III Afrinald Rizhan, SH., MH, Dekan Fakultas Teknik Chitra Hermawan, ST., MT, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Bustanur, S.Ag., M.Us, Dekan Fakultas Ilmu Sosial Rika Ramadhanti, S.IP., M.Si, Ketua LPPMDI H. Fitrianto, S.Ag., M.Sh, Ketua LP3M Dwi Putri Musdansi, S.Pd., M.Pd, Kepala BPAKASI Helpi Nopriandi, S.Kom., M.Kom, Kepala BAUKA Yul Emri Yulis, SE., M.Si, Ketua Program Studi Agribisnis Haris Susanto, SP., M.MA, Ketua Program Studi Agroteknologi Febra Heriansyah, SP., MP, Ketua Program Studi Peternakan Fajri Anwar, SP., M.Sc, Kepala Tata Usaha Fakultas Pertanian Isra Wati, SE serta segenap Tenaga Kependidikan di lingkungan Fakultas Pertanian.

Pelantikan dilakukan oleh Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes kepada Dekan Faperta Seprido, S.Si., M.Si dilanjutkan dengan pembacaan sumpah jabatan dan fakta integritas pejabat struktural dan penandatangan berita acara sertijab.

Deno Okalia, SP., MP pada sepatah katanya menyampaikan, selama delapan bulan menjabat sebagai Dekan Faperta banyak mendapatkan pengalaman dan ilmu, terutama ilmu komunikasi dan ilmu manajemen dalam memimpin unit kerja.

"Saya mohon ma'af atas segala kekurangan selama menjabat sebagai dekan serta mohon doa agar mendapat beasiswa studi lanjut S3 di Institut Pertanian Bogor (IPB). 

Deno Okalia tidak banyak menyampaikan sepatah katanya, karena terlarut dalam harunya acara sertijab. Sedih dan harus mengambil keputusan meninggalkan posisi Dekan Fakultas Pertanian karena ingin menggapai cita-cita untuk melanjut studi S3.

Seprido, S.Si., M.Si dalam sepatah katanya, mohon doa dari bapak-ibu pimpinan agar saya kuat dalam mengemban amanah ini. Seprido juga mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada Deno Okalia, SP., MP atas segala pengorbanannya selama menjabat Dekan Faperta, pengorbanan waktu, tenaga dan pikiran. Semoga pengorbanan selama ini menjadi amal kebaikan. 

Seprido juga menyampaikan, yang sudah ditorehkan dan menjadi program andalan di Faperta akan dilanjutkan, serta kepada Ketua Program Studi di lingkungan Faperta senantiasa untuk bersinergi demi kemajuan Faperta menuju UNIKS unggul. 

Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes dalam sambutan dan arahannya mengucapkan terimakasih atas dedikasi ibu Deno Okalia, SP., MP selama menjabat sebagai Dekan Faperta. Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes memahami dan memaklumi keputusannya untuk melanjutkan studi pendidikan strata tiga (S3), bahkan mendukung keputusan tersebut yang sejalan dengan semangat Rektor UNIKS untuk meningkatkan mutu dosen melalui pengembangan sumber daya manusia. Saat ini kita sudah mengirimkan 12 orang dosen yang sedang melanjutkan ke jenjang S3 (doktoral), diantaranya adalah kuliah di UUM Malaysia, IPB university, UNAND, UNRI, dan UIN Suska. Ditambah tahun 2022 ini ada 4 orang yang sudah minta izin melanjutkan studi S3 ke IPB dan UNHAS Makassar Sulawesi Selatan. Kami juga sudah berkomitmen untuk menambah anggaran bantuan beasiswa bagi dosen yang lanjut studi S3 melalui anggaran perubahan tahun 2022 ini dan seterusnya.

Kepada Dekan Faperta Seprido, Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes juga menyampaikan pesan jadilah icon perekat, merangkul dan menyatu padukan potensi yang ada di Faperta UNIKS. 

"Saya percaya pak Seprido mampu menjalankan amanah sebagai Dekan Faperta ini secara maksimal, lakukanlah yang terbaik untuk UNIKS,"ujarnya. 

Selain itu juga, Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes menyampaikan cita-cita UNIKS sebagai institusi pendidikan yang bermutu menuju unggul, melalui peningkatan kualifikasi dosen strata tiga (S3), meningkatkan mutu pembelajaran, kualitas dan kuantitas penelitian dosen dan pengabdian kepada masyarakat agar akselerasi mewujudkan kampus UNIKS unggul dan berkemajuan. 

Rektor UNIKS Dr. H. Nopriadi, S.K.M., M.Kes juga mengharapkan agar dosen UNIKS terus meningkatkan jabatan fungsionalnya, tidak ada lagi dosen yang statusnya sebagai tenaga pengajar tanpa ada jabatan fungsional dosen. Kita beri kesempatan dalam tahun 2022 ini untuk mengurus DUPAK-nya. 

"Jika tidak  segera mengurus Jabatan fungsionalnya ke asisten ahli dan lektor, maka dengan berat hati akan kita nonaktifkan sebagai dosen. Berarti yang bersangkutan tidak sungguh-sungguh sebagai dosen. Bagi rekan-rekan yang sudah  memiliki jabatan fungsional Lektor agar segera naik ke Lektor Kepala dan Guru Besar," urainya.

Selanjutnya, Rektor UNIKS Dr. Nopriadi, menegaskan jangan tertanam persepsi pada diri dosen tetap UNIKS bahwa status dosen itu hanya sebagai pekerjaan sampingan dan hanya untuk mendapatkan status sosial belaka, sehingga mengabaikan tugasnya sebagai dosen (melaksanakan catur dharma perguruan tinggi), itu merupakan suatu sikap yang keliru dan anda akan tertinggal dalam karier sebagai dosen profesional yang seharusnya memiliki jabatan fungsional dan sertifikasi dosen.(**)



Tulis Komentar