Pendidikan

Meriahkan HUT ke-77 RI, Unilak Gelar Lomba Karya Tulis Tingkat SMA/MA/SMK se Riau

Peluncuran Lomba Karya Tulis Unilak untuk pelajar SMA/MA/SMK se derajat tingkat Provinsi Riau oleh Rektor Unilak Dr. Junaidi. (F:ist-ANews)

PEKANBARU (ANews) - Kabar gembira bagi kamu yang bisa menulis, bersempena HUT ke-77 RI, Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru menggelar Lomba Karya Tulis untuk pelajar SMA/MA/SMK se derajat tingkat Provinsi Riau. 

Peluncuran kegiatan ini digelar tepat HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022) di lapangan upacara Unilak. 

Rektor Unilak Dr Junaidi  mengatakan, lomba karya tulis ini diadakan oleh LPPM Unilak. Bertujuan untuk menumbuhkan kembangkan semangat dan budaya menulis bagi pelajar SMA/SMK/MA se derajat di Riau.

"Kami percaya dan yakin bahwa anak-anak Riau memiliki kemampuan dan menulis, sehingga dari lomba ini mereka akan terlatih," kata Dr Junaidi, Rabu (17/8/2022) di Pekanbaru. 

Disebutkan, lomba karya tulis ini mampu merangsang daya pikir pelajar di Riau. Selain itu, bisa mengembangkan penelitian berbasis tulisan, menambah pengetahuan, dan dapat memberikan citra positif diri bagi penulis. 

"Panitia akan menyediakan hadiah jutaan rupiah, sertifikat dan trophy untuk 5 orang juara/pemenang. Kami berharap pihak sekolah dan guru-guru di Riau dapat mengikutsertakana pelajar dalam lomba karya tulis Unilak ini," ucapnya. 

Lomba karya tulis merupakan bagian dari upaya peningkatan literasi bagi masyarakat Riau khususnya di kalangan pelajar.

Adapun tema lomba karya tulis ilmiah yaitu science and technologi for humanity (ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kehidupan). 

Lomba karya tulis dibagi dalam dua kategori yaitu, kategori ilmu pengetahunan dan teknologi, dan kategori ilmu pengetahuan sosial kemanusiaan.

Kategori ilmu pengetahunan dan teknologi dapat berupa bidang fisika, teknik, energi, sistem software, matematika, mekanika dan elektronika, ilmu komputer, robotic inteligent machine, teknik lingkungan dan teknik material science. 

Kemudian, untuk kategori Ilmu pengetahuan sosial kemanusian yaitu, bidang politik, sejarah geografi, sosiologi, antroplog, physiklogi dan lainnya. 

Adapun laman pendaftaran lomba karya tulis dapat dilihat di https://lkti.unilak.ac.id/. Pendaftaran dan pengumpulan karya dibuka pada tanggal 1-25 Agustus 2022.(**)



Tulis Komentar